Mengenal Kecanggihan Mercedes-Benz O 500 RSD 2445

Sasis bus dengan fitur ADAS!

Mengenal Kecanggihan Mercedes-Benz O 500 RSD 2445

Di GIICOMVEC 2024 JCC Senayan, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) merilis Mercedes-Benz O 500 RSD 2445. Harga jualnya lumayan. Unit dilego Rp2,265 miliar off the road. Ia merupakan sasis bus pertama di Indonesia dengan fitur keamanan gabungan, ADAS. Jadi kelengkapan keamanan peranti mirip seperti kendaraan penumpang terkini. Ada sistem pengereman otomatis hingga adaptive cruise control. Kenyamanan berkendara semakin terjamin.

KEY TAKEAWAYS

  • Sasis bus pertama di Indonesia dengan fitur keamanan gabungan, ADAS

    Mulai dari rem otomatis sampai adaptive cruise control
  • Mengenai performa berkendara. Mercedes-Benz Bus O 500 RSD 2445 menggunakan diesel turbocharger OM 460 LA enam silinder segaris. Kubikasi mencapai 12.800 cc. Tarian pembakaran piston genap itu memberikan lontaran daya 449 Hp (455 PS) yang dicapai sejak 1.800 rpm. Sedangkan momen puntir tertinggi sudah didapat dari 1.100 rpm, sebesar 2.200 Nm. Sedangkan penyaluran tenaga mengandalkan transmisi lansiran ZF TraXon berjenis Automated Manual (AMT) 12 speed forward dan 2 speed reverse.

    Posisi enjin ada di bagian belakang. Selain lebih hening bagi penumpang, letak mesin membuat penyaluran daya kian optimal. Format ini sangat cocok untuk menjadikan sasis Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 sebagai bus double decker. Kemudian bagian lain yang mencolok ialah penggunaan pelek alumunium lansiran Alcoa. Terkenal punya berat ringan dan mudah dalam hal perawatan. Ukuran 22,5 inci plus profil ban 296/80 mm. Tampilan khasnya ialah dalam balutan warna kromium. Sehingga mempermanis bagian kaki-kaki kendaraan.

    Baca Juga: Mercedes-Benz Bawa Bus dan Truk Baru di GIICOMVEC 2024

    Mercedes-Benz Giicomvec

    Lanjut mengenai sistem keamanan ADAS. Menurut DVCI, selain menambah keselamatan dan keamanan berkendara. Penyematan ini bertujuan agar membuat pengemudi bus berkendara sesuai aturan lalu lintas. Tidak kebut-kebutan, pindah jalur sesuka hati, karena dapat dikoreksi oleh perangkat ini. Mari tengok selengkap apa peranti tertanam di Mercedes-Benz Bus O 500 RSD 2445.

    Active Brake Assist 5 (ABA 5)

    Inilah penyempurnaan dari ABA 4. Sekarang sistem menggunakan kombinasi radar dan kamera. Sehingga bisa mendeteksi objek bergerak maupun statis lebih baik. Perangkat dapat mencegah tabrakan. Seperti mengantisipasi jarak dari kendaraan di depan. Termasuk menghindari tabrakan dengan pejalan kaki. Berkat bantuan sensor, mobil bisa mengerem otomatis bisa mendapat ada orang menyeberang jalanan. Juga sanggup membatasi kecepatan kendaraan 50 km/jam.

    Adaptive Cruise Control (ACC)

    Fitur lain berupa adaptive cruise control yang kerja bareng ABA 5. Jika sopir mengaktifkan ACC, maka semakin praktis. Bus dapat menjaga jarak dengan kendaraan di depan sekaligus mengikuti laju kendaraan. Berlaku saat melesat kencang maupun mengurangi kecepatan berkendara. Jelas semakin memudahkan tugas pengemudi bus, apalagi saat melindas jalanan bebas hambatan.

    Lane Departure Warning System (LDWS)

    Dengan bantuan kamera penginderaan. Fungsi LDWS ialah menjaga bus berjalan sesuai lajurnya. Jadi, bila sopir mengantuk dan melewati batas (marka) jalan. Maka secara otomatis pengemudi diberi peringatan lewat getaran di kursi. Fitur ini dapat diaktifkan dari kecepatan 60 km/jam. Kemudian sistem dapat berhenti bekerja bila Anda menyalakan lampu sein. Barulah bisa pindah lajur secara aman. Ini juga bisa melatih kebiasaan berkendara disiplin.

    Electronic Stability Program (ESP)

    Kontrol Stabilitas Elektronik atau disebut ESP merupakan sebuah teknologi terkomputerisasi. Tujuannya agar meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisasi slip. Ketika sensor mendeteksi adanya kehilangan traksi. Maka secara otomatis sistem ini membantu rem untuk mengendalikan mobil. Pengereman langsung berjalan ke masing-masing roda. Di bagian depan dapat mencegah gejala oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. ECU juga memberi perintah mengurangi tenaga mesin sampai kendaraan terkontrol kembali. (ALX/ODI)

    Baca Juga: Ada Bus Grafiti di Lantai Pameran Mercedes-Benz di GIICOMVEC 2024

    Anjar Leksana

    Anjar Leksana

    Anjar Leksana adalah wartawan multitalenta. Ia pernah jadi guru bahasa Inggris, sebelum kepincut jadi wartawan ekonomi di salah satu majalah. Tidak lama, ia lantas tertarik dengan dunia otomotif, yang hingga sekarang dilakoni. Kiprahnya di dunia jurnalistik otomotif diawali dengan menulis untuk majalah otomotif ternama seperti Autocar Indonesia, Autobild, hingga Black Experience. Pengalamannya mengulas mobil serta pengetahuannya di bidang industri menjadi modal berharga untuk menyuguhkan tulisan yang berkualitas.

    Baca Bio Penuh

    Model Truk Mercedes Benz

    • Mercedes Benz Axor
      Mercedes Benz Axor
    • Mercedes Benz Unimog
      Mercedes Benz Unimog
    • Mercedes Benz Actros
      Mercedes Benz Actros
    Harga Truk Mercedes Benz

    GIIAS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature

    Video Truk Mercedes Benz Terbaru di Oto

    Oto
    • Mercedes-Benz Actros & Arocs | First Drive | Berapa Harganya? | OTO.com
      Mercedes-Benz Actros & Arocs | First Drive | Berapa Harganya? | OTO.com
      03 Jul, 2019 .
    Tonton Video Truk Mercedes Benz

    Artikel Truk Mercedes Benz dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Mercedes-Benz O 500 RSD, Sasis Bus Pertama yang Memiliki ADAS di Indonesia
      Mercedes-Benz O 500 RSD, Sasis Bus Pertama yang Memiliki ADAS di Indonesia
      Anjar Leksana, 13 Mar, 2024
    • Daimler Truck Jalin Kemitraan dengan Masdar untuk Mengekstraksi Hidrogen Cair
      Daimler Truck Jalin Kemitraan dengan Masdar untuk Mengekstraksi Hidrogen Cair
      Zenuar Istanto, 07 Feb, 2024
    • Mercedes-Benz Axor Rakitan Lokal Kini Memenuhi Standar Euro 4
      Mercedes-Benz Axor Rakitan Lokal Kini Memenuhi Standar Euro 4
      Anindiyo Pradhono, 08 Jun, 2022
    • Mercedes-Benz eActros, Truk Listrik dengan Daya Jelajah 400 Km
      Mercedes-Benz eActros, Truk Listrik dengan Daya Jelajah 400 Km
      Anjar Leksana, 02 Jul, 2021
    • Daimler Siapkan 3 Program Purnajual Selama PSBB
      Daimler Siapkan 3 Program Purnajual Selama PSBB
      Raju Febrian, 03 Jul, 2020

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*