GIIAS 2019: Isuzu Pastikan Kendaraan Niaga Lansirannya, Aman dan Laik Jalan

GIIAS 2019: Isuzu Pastikan Kendaraan Niaga Lansirannya, Aman dan Laik Jalan
Gambar
Review Pengguna

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), memastikan setiap kendaraan yang dikeluarkannya aman dan laik digunakan konsumen. Itu lantaran mereka telah melakukan uji tipe kendaraan, bahkan sebelum unitnya masuk ke perusahaan karoseri.



Bicara soal kendaraan niaga, memang tak lepas dari karoseri. Namun, tak bisa sembarangan melakukannya. Mengingat unsur keselamatan menjadi prioritas utama, karena kendaraan ini diperuntukkan membawa muatan besar dan berat.


Maka dari itu, Kementerian Perhubungan mewajibkan setiap kendaraan melakukan Sertifikasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT). Aturan tentang kendaraan yang tertuang dalam peraturan pemerintah RI No.55 tahun 2012 itu, mengharuskan setiap produsen melakukan registrasi, identifikasi kendaraan bermotor hingga uji tipe.


Demi mendukung program pemerintah agar setiap kendaraan bermotor laik jalan, maka Isuzu selalu memastikan produk-produknya telah memiliki Sertifikasi Uji Tipe. Begitu pula untuk kendaraan yang menggunakan aplikasi buatan karoseri. Dimulai dari 2015, Isuzu juga memiliki program sertifikasi karoseri yang saat ini sudah diterapkannya ke 41 karoseri dan sudah sesuai dengan standar Isuzu dengan jumlah 275 SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun).


Artinya, pelanggan bisa mendapatkan banyak pilihan aplikasi atau bod dari karoseri-karoseri terpilih. Bukan semata mengejar kualitas, melainkan pula tertib administrasi. Isuzu bakal terus menjalankan program sertifikasi karoseri dan terus berupaya mengembangkan kerja sama dengan karoseri di Indonesia.


Karoseri merupakan perusahaan yang mengambil alih tahap akhir pembuatan kendaraan dengan memasangkan bodi kendaraan pada kabin sasis (kendaraan yang belum lengkap) yang diproduksi dan disediakan IAMI. Isuzu sendiri menilai karoseri menjadi bagian penting untuk bisnis mereka. Sehingga, senantiasa dapat meningkatkan kerja antara keduanya.



Salah satu caranya ditunjukkan Isuzu Indonesia. Mereka memberikan apresiasi kepada 51 perusahaan karoseri, yang telah bersinergi dan mensupport pembuatan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) untuk Isuzu. Apresiasi ini bukti nyata mereka untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama antarkeduanya. Tak hanya itu, Isuzu juga membentuk tim ahli untuk mendukung kebutuhan teknik karosesi, baik di bidang mekanik maupun elektrik. Tim ini juga disupport langsung dari advisor asal Jepang.


"Isuzu Indonesia sebagai penjual kendaraan komersial, terus mengawal unit kami mulai dari pembuatan unit hingga tahap pengantaran ke customer kami, untuk menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan," tutup Attias Asril, General Manager IAMI di ICE-BSD City, Tangerang (25/7).


Bersamaan dengan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 itu, Isuzu Indonesia juga turut meluncurkan produk baru mereka di segmen kendaraan penumpang. Mengusung konsep Drive the Confidence, Isuzu Mu-X I-Series mendapat penyegaran dari segi tampilan. Desain fascia terlihat lebih tebal, dengan paduan grille kromium agar lebih kokoh.


Lampu utama sudah menggunakan projector Bi-beam LED dipadu LED DRL. Selain terlihat modern, pencahayaan juga lebih terang. Model facelift ini sekarang memiliki fitur auto levelling headlamp. Bisa mengatur posisi lampu sesuai kebutuhan. Lalu pada lampu belakang, Mu-X menggunakan LED bergaris. Pelek juga tak ketinggalan diganti. Kini pakai dual tone berbentuk V lima palang.


Fitur SUV terbaru itu sudah dilengkapi smart-key (passive entry and start system). Lalu start-stop button untuk kepraktisan konsumen dalam berkendara. Ruang kabin dan bagasi luas serta dipadu jok kulit hitam. Kesan elegan terlihat pada beberapa bagian interior, semacam soft-pad surface di dasbor, dipadu ornamen balck piano, leather door trim pad, serta ambient light room trim. Sementara dari sektor jantung mekanis tidak berubah. Tetap pakai mesin Turbo Diesel Isuzu 4JK1-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail bertekanan tinggi. Resultan pembakarannya, tenaga 136 PS dan torsi 320 Nm pada 1.800-2.800 RPM. (Ano/Van)


Baca Juga: Jokowi Resmikan Regulasi Mobil Listrik Pekan Ini

Jelajahi Isuzu GIGA (4x2) Rigid-4 Cyl

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store