jakarta-selatan
Bahasa en | id

Truk Toyota Indonesia

Rating untuk Toyota berdasarkan ulasan 4

PT Toyota Astra Motor (DYNA)

Pertumbuhan suatu negara tentu tak lepas dari peranan penting moda transportasi komersil yang menjadi salah satu indikator membaiknya perekonomian. Model Kendaraan ini mempunyai fungsi krusial dalam memobilisasi komoditi dari satu tempat ke tempat lain hingga daerah lainnya. Dan sepanjang perjalanannya di Indonesia, Toyota jelas memiliki peran penting dalam tumbuhnya perekonomian Indonesia.
Tak hanya sukses menjadi raksasa di segmen mobil penumpang, namun Toyota juga telah lama memiliki Dyna, kendaraan komersil pertamanya. Truk ringan ini menjadi salah satu model bukti atas eksistensi Toyota dalam menyediakan beragam pilihan kendaraan sesuai dengan kebutuhan konsumen Tanah Air. Hingga kini, generasi lamanya, masih dinikmati hingga saat ini.
Awal Dyna dimulai dengan model Cab Over Engine (COE) pada tahun 1975, yang tersohor dengan sebutan Dyna BU. BU sendiri merupakan kode sasis yang dimiliki oleh Dyna generasi pertama. Kehadiran Dyna BU bisa dikatakan tepat di kala Indonesia tengah menggencarkan pembangunan ekonomi yang tersaji dalam program REPELITA II dekade 1965 – 1966.
Serangkaian pembenahan dilakukan hingga tahun 1982. Perombakan signifikan bukan hanya peningkatan spesifikasi, Toyota pun melakukan perubahan menyeluruh kepada Dyna di tahun 1985. Tipe yang ditawarkan adalah Dyna 6 dan 4 ban bertenaga 115 PS. Dyna 6 ban ditujukan sebagai truk dengan kemampuan kerja ekstra-berat dan mampu berada dalam berbagai situasi dan kondisi medan ekstrem. Sementara Dyna 4 ban difungsikan sebagai truk ringan perkotaan yang mengandalkan kelincahan dan memiliki daya tahan memadai. Generasi ini pun dikenal dengan sebutan Dyna Rino.
Tahun 1989, Dyna kembali mendapat penyempurnaan. Varian pada versi minor change ini pun bertambah dengan munculnya Medium Duty (MD) yang dibekali suspensi baru (leaf spring) serta final gear yang sesuai untuk kecepatan yang lebih baik di medan datar. Sehingga kala itu Dyna memiliki tiga varian yang terdiri dari 6 ban dengan dua model HD (Heavy Duty) dan MD, serta Dyna 4 ban.
Memasuki awal tahun Millenium, Dyna kembali melakukan perombakan besar pada Agustus 2002. Full model change kedua ini mengalami pengembangan teknologi dan pembaruan diantaranya dengan menaikkan kapasitas mesin menjadi 4.009 cc serta menyediakan varian sangat bervariasi mulai dari 115 PS ST (Small Truck) 4 ban, dan empat varian 6 ban yaitu 115 PS ET (Economic Truck), 125 PS LT (Light & fast truck), 125 PS HT (Heavy Duty Truck) dan 140 PS gT (Gigantic & Fast Truck).
Dinasti Dyna pun semakin lengkap pada awal tahun 2007. Selain tampil lebih fresh di sisi eksterior dan interior, Dyna meluncurkan empat tipe anyar yaitu 130 HT, 130 LT, 110 ET dan 110 ST. Hebatnya, keempat model baru ini diberi modal serangkaian evolusi yang semakin memudahkan pengemudi truk dalam bekerja. Dyna versi 2007 dirancang atas masukan dari PT TAM dan versi ini eksklusif hanya tersedia di pasar Indonesia. Mesin W04D-TN (130 PS) dan W04D-TM (110 PS) hadir dengan tenaga lebih besar serta turbo intercooler. Mesin canggih ini pun sudah mengantungi regulasi EURO2 sehingga lebih ramah lingkungan.
Tahun 2009, truk ini mengalami big minor change dan kembali memperluas varian yang dimilikinya dengan menampilkan lima model baru. Kelima varian itu terdiri dari Dyna 6 ban, yaitu 130 PS XT 130 PS HT, 110 PS FT, 110 PS ET, serta satu varian brand new yaitu Dyna Bus Chassis. Sementara ada satu tambahan varian baru untuk Dyna 4 ban yaitu 110 PS ST dan 110 PS ST Bus Chassis. Saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan enam model baru untuk menggantikan 11 model sebelumnya di tahun 2017 lalu. Kini Toyota Dyna hadir dalam 18 pilihan line-up. Enam terbaru yaitu 130 HT Ekspedisi Std, 130 HT Ekspedisi High Gear, 130 HT Ekspedisi LWB (Heavy Duty Truck-beban berat). Lalu untuk pemakaian beban sedang (Medium Duty) adalah 130 XT LWB, 130 XT BUS LWB, dan 110FT LWB. New Dyna 130 HT, 110 ET dengan 6 ban diposisikan sebagai truk untuk mengangkut beban berat dengan performa lebih tangguh untuk jalanan tanah atau berbatu (off road). Khusus tipe 130 HT Off Road, sudah menggunakan teknologi Torse LSD yang membagi momen puntir ke setiap roda sesuai kebutuhan. Teknologi ini mencegah terjadinya slip saat melalui jalan tanah, berbatu, atau berlubang.
New Dyna terbaru ini tetap mempertahankan dua pilihan mesin sebelumnya, yaitu WO4D-TR dengan kapasitas 4.000 cc yang mampu menghantarkan tenaga 130 PS dan torsi puncak 38 Nm, dan mesin WO4D-TP yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 110 PS dan torsi 29 Nm.

Harga Truk Toyota

Model Toyota Harga
Toyota Dyna Rp 259,3 - Rp 310,3 Juta

Truk Toyota

Anda Telah Memilih
  • Toyota
Hapus semua

1 Truk Toyota Indonesia

Berita Truk Toyota dan Review

  • Review Pengguna

Review Pengguna Truk Toyota

  • P
    Pakde 20 Agu, 2021 untuk Toyota Dyna

    Saya hanyalah kuli angkut kelapa sawit dan saya telah lama menjadikan truck toyota dina sebagai armada angkutan saya, tenaganya mantap dan didaerah wilayah kami banyak tanjakan extrim dan dengan perlahan truck dina saya melewatinya. Saya telah mengunakan truck toyota dina selama 10 tahun terakhir dan saya puas dengan forforma ketangguhan mesinnya. Semoga di masa mendatang armada truck toyota dina saya Baca Selengkapnya 157

  • G
    Gerson Toralangi 06 Des, 2019 untuk Toyota Dyna

    Saya suka karena tangguh, baik ditanjakan maupun dijalan licin dan berbatu Baca Selengkapnya 445

  • S
    Sandy 13 Mei, 2019 untuk Toyota Dyna

    Pesanku utk Cewek2 yg memandang sblah mata saat ku melaju bersama Ferrari Semokku_ betapa ruginya engkau krna tak bisa merasakan nikmatnya mengendarai Mobil Sport Dua Pintu yg ber-Bokong semok, dan yg lebih Bodoh-nya lg,Engkau rela manunggu lama hnya demi nebeng pake Xenia ktimbang ku antar kau pulang bersama Ferrari-ku... kalau saja kau tahu, bahwa Harga Mobil Toyota Dyna itu Lebih Baca Selengkapnya 414

Video Toyota Indonesia

Lihat video terbaru model Toyota untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.