Volvo Trucks Indonesia Perkenalkan Dua Pembaruan Model FH16 dan FMX

Volvo Trucks Indonesia Perkenalkan Dua Pembaruan Model FH16 dan FMX

Volvo Trucks Indonesia melakukan peluncuran acara Volvo Trucks Indonesia New Range Digital Launch pada Selasa (21/9) kemarin. Peluncuran daring dua produk baru itu dilakukan bersama dengan PT Wahana Inti Selaras sebagai importir resmi dari Volvo Trucks di Indonesia dan anak perusahaannya yaitu PT Eka Dharma Jaya sakti di area Kalimantan serta PT Indotruck Utama sebagai distributor resmi untuk area non-Kalimantan.

Peluncuran secara digital ini mengenalkan unit baru dari Volvo Trucks yakni FH16 dan FMX yang sudah populer di Indonesia. Ubahan hadir disisi eksterior dan interiornya sesuai dengan tujuan Volvo Trucks dalam meningkatkan kualitas, keamanan dan ramah lingkungan.

Kedua model baru ini juga diklaim dapat ikut meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat bekerja sesuai dengan peningkatan performa yang diandalkan oleh Volvo Trucks.

Volvo FH16 & FMX launch

“Mulai dari three-point seat belt sampai teknologi yang lebih lanjut, Volvo Trucks terus meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan core value dari Volvo Trucks yaitu quality, safety, dan environmental care. Tetapi, tidak hanya kenyamanan dan keamanan, hal penting dari truk adalah produktivitas dan ini yang terus dikembangkan oleh Volvo,” ujar Bambang Prijono, Direktur PT Wahana Inti Selaras dalam keterangannya.

Baca juga: Hino Pamer Empat Kendaraan yang Dijadikan Armada Kesehatan

Eksterior FH16 dan FMX jadi lebih modern dengan penggunaan desain gril honeycomb yang juga berfungsi meningkatkan sirkulasi udara sehingga mampu mendinginkan mesin secara optimal.

Headlamp di depan pun ikut berubah. Volvo menggunakan bentuk V-SHape modern yang berfungsi meningkatkan daya pandang pengemudi dan kendaraan dari arah berlawanan. Akses masuknya lebih mudah dengan penggunaan material anti slip pada footstep sehingga meningkatkan keamanan pengemudi untuk naik turun dari kabin truk.

Volvo FH16

Model terbaru Volvo ini juga mengalami peningkatan pada front axle yang memiliki peningkatan kapasitas dari sembilan menjadi 10 ton. Pada rear axle terdapat peningkatan dari 32 ton menjadi 38 ton untuk memungkinkan mengangkut beban lebih dari 285 ton sekali berkendara.

Bak angkut juga mengalami peningkatan. Sebelumnya hanya mampu menawarkan volume 35 meter kubik kini menjadi 45 meter kubik sehingga tidak hanya peningkatan kapasitas namun juga volume.

“Peningkatan kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas karena truk ini banyak yang bekerja di area pertambangan untuk mengangkut batubara,” ujar Pantas Sihombing, Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti.

Volvo FMX

Sisi interiornya ditingkatkan dalam hal kenyamanan dan keamanan berkendara yang berdampak pada efisiensi waktu pengemudi menyelesaikan pekerjaan. Salah satu fitur utamanya adalah kluster instrument digital yang berisi berbagai informasi untuk pengemudi seperti konsumsi bahan bakar, tekanan udara, navigasi, dan lainnya. Hal ini ditujukan untuk membuat pengemudi lebih fokus dan bisa lebih cepat memantau kondisi truk saat di jalan.

Pada setir kemudi, selain mode tilt dan telescopic ada juga pengaturan neck tilting yang tidak hanya mengatur tinggi atau jarak, pengemudi juga bisa mengatur sudut kemudi setirnya. Selain itu, untuk semua unit baru Volvo Trucks saat ini sudah menjadi I-Shift yang lebih ergonomis.

Volvo Trucks menawarkan lima mode berkendara yang bisa diatur sesuai dengan berbagai kondisi pengemudi saat di jalan seperti efficiency, standard, heavy load, off-road, dan uphill. Pada traction control, semua dibuat lebih sederhana dengan knop putar, tidak lagi dengan berbagai tombol seperti model sebelumnya. Selain itu, ubahannya dibuat lebih digital dan elektrik untuk memudahkan pengemudi saat berkendara seperti spion yang dibuat elektrik dan jendela yang dibuat power window.

Soal kenyamanan, kabin truk dibuat 20 persen lebih senyap untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi yang sering mengalami noise saat mengemudi di daerah yang berisik agar tidak mudah lelah. Ditambah, area blindspot pengemudi juga dibuat lebih kecil untuk meminimalisasi kemungkinan pengemudi tidak melihat kondisi di sekitarnya.

Volvo juga terus berupaya mempermudah pelanggan yang memiliki unit truknya untuk mengontrol dan mengakses semua layanan Volvo Trucks mulai dari performa truk hingga jadwal pemeliharaan rutin melalui Volvo Connect. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan truk memantau kondisi truknya rutin secara real-time lewat berbagai platform.

“Kontribusi Volvo Trucks sangat tinggi untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi termasuk perkembangan teknologinya, karena pengemudi yang lebih fokus akan meningkatkan kualitas pekerjaan dengan lebih optimal,” Jelas Eka Lovyan, Chief Operating Officer PT Indotruck Utama.

PT Eka Dharma Jaya Sakti dan PT INdotruck Utama memiliki lebih dari 70 cabang dan job sites. Selain itu kedua perusahaan memiliki 400 mekanik andal yang siap bekerja jika ada masalah pada truk konsumen. (Sta/Tom)

Baca juga: Mercedes-Benz Luncurkan Truk Listrik eActros, Daya Jelajah Capai 400 Km

Jelajahi Volvo FH16

Model Truk Volvo

  • Volvo FMX
    Volvo FMX
  • Volvo FH16
    Volvo FH16
  • Volvo FM
    Volvo FM
Truk Volvo

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Truk Volvo FH16 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Truk Volvo FH16

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Tractor Head Trailer