Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru Berstandar Emisi Euro 4

Hino Luncurkan Truk dan Bus Baru Berstandar Emisi Euro 4
Contents
Baca SelengkapnyaSembunyikan

Sebulan sebelum pemerintah resmi mengetuk palu kebijakan emisi Euro 4, Hino berani merilis kendaraannya sesuai regulari tersebut. Hari ini (7/3), Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan semua kendaraan Hino dengan mesin berstandar emisi Euro 4. Total ada empat model dengan 47 varian yang dihadirkan.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa itu Euro4?

    Euro4 ialah standar emisi gas buang kendaraan beroda empat atau lebih yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Model Hino Apa Saja yang Pakai Standar Emisi Euro4?

    Truk Profia, Ranger, Dutro dan bus
  • Mulai hari ini, model-model Hino seperti truk Profia, Ranger, Dutro dan bus, dijual dengan spesifikasi baru. “Kendaraan yang hari ini kami luncurkan, tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro 4. Tapi untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan.” ungkap Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI.

    Tentunya beragam teknologi terkini yang siap mengolah bahan bakar berstandar emisi baru disiapkan. Mulai dari common rail yang memang digunakan sejak satu dekade lalu, sistem bahan bakar dengan mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dan injector dengan full Diamond Like Carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.

    Hino Euro4

    Pada kesempatan yang sama, Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, menjelaskan bahwa penggunaan teknologi baru ini memang ditujukan untuk meminimalisir polusi pada lingkungan. “Truk dan Bus Hino Euro 4, memiliki transmisi dan mesin baru common rail yang tentunya tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan operasi, namun juga memiliki emisi gas buang ramah lingkungan,” jelasnya.

    Disebutkan bahwa mesin common rail Hino sudah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC). Bahkan pada bagian pengontrol gas buangnya, disematkan Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

    Dapur pacu Hino Euro 4 juga kini dipadankan dengan Variable Nozzle Turbo (VNT) yang lebih mengoptimalkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU. Beragam teknologi di dalamnya membuat mesin common rail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus dan minim getaran.

    Masahiro Aso, Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia (HMMI) mengatakan “Untuk mencapai target emisi gas buang yang ditetapkan, sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan minimal Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 50ppm. Untuk itu HMMI memberikan jaminan kualitas atas kendaraan Hino yang dihasilkan saat ini, karena Hino Indonesia telah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan EURO4 untuk pasar ekspor.”

    Hino Euro 4

    Berbagai fitur canggih juga tentunya turut dipasangkan di Hino Euro4. Mulai dari sasis yang kuat teruji di lapangan, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS.

    Keputusan Hino untuk merilis truk berstandar Euro4 terbilang sangat unik, pasalnya, pemerintah belum menunjukkan jaminannya akan ketersediaan bahan bakar yang dimaksud. Bahkan untuk beberapa model yang mengadopsi sistem Euro 4, ada yang harus menggunakan suplemen Adblue sebagai campuran di gas buangnya. Tentunya hal-hal ini haruslah dipertimbangkan dengan baik agar nantinya konsumen tak kesulitan menjalankan operasionalnya. 

    Nantinya, dijelaskan pihak HMSI, harga jual truk dan bus Hino baru akan lebih mahal Rp30-50 jutaan. 

    Tampilan Hino Dutro Terbaru

    Khusus Hino Dutro, pada model Euro 4, ia hadir dengan beberapa perubahan seperti desain grill depan dan perubahan cover atas lampu yang kini menyatu dan lebih stylish, serta perubahan bumper depan yang dirancang menyesuaikan posisi fog lamp sehingga lebih dinamis. Selain itu ada penambahan cover spion pada dudukan kaca spion yang berguna untuk mencegah pencurian.

    Perubahan desain juga terdapat pada bagian interior. Di mana terdapat perubahan warna dashboard, door trim dan kursi yang kini berwarna coklat yang memberi kesan mewah, nyaman dan modern. Semua perubahan desain baru ini memberikan tampilan yang lebih segar dan dinamis. Hino Dutro sendiri memiliki sasis yang tangguh, karena memiliki sasis tanpa sambungan, terdapat keling penguat diatas frame dan profil sasis yang tebal.

    “Hino lebih dari siap melayani kebutuhan bisnis anda, karena kami berkomitmen untuk memberikan best fit product serta layanan purna jual terbaik sesuai dengan prinsip Total Support, yaitu layanan service yang andal untuk memberikan keuntungan yang maksimal bagi pelanggan. Dengan memaksimalkan operational kendaraan dan minimalkan operational cost. Sehingga konsumen merasa nyaman.” Tutup Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI. (Van)

    Baca Juga: Astra UD Truck Siap Niagakan Produk Euro4

    Ivan Hermawan

    Ivan Hermawan

    Pria yang gemar wisata kuliner ini memulai profesinya sebagai jurnalis otomotif di Auto Bild Indonesia. Ratusan kendaraan sudah ia jajal, dari roda dua, roda empat, roda enam, kendaraan tempur bahkan truk trailer dengan belasan roda pernah ia uji.

    Baca Bio Penuh

    Model Truk Hino

    • Hino Dutro Dump 130 HD X-Power
      Hino Dutro Dump 130 HD X-Power
    • Hino Ranger Cargo FG
      Hino Ranger Cargo FG
    • Hino Dutro Dump 130 HD LSD
      Hino Dutro Dump 130 HD LSD
    • Hino Dutro Cargo 130 HD
      Hino Dutro Cargo 130 HD
    • Hino Dutro Cargo 130 MD
      Hino Dutro Cargo 130 MD
    • Hino Dutro Dump 130 HD
      Hino Dutro Dump 130 HD
    • Hino Dutro Cargo 110 SDR
      Hino Dutro Cargo 110 SDR
    • Hino Dutro Dump 110 HD
      Hino Dutro Dump 110 HD
    • Hino Dutro Dump 136 HD
      Hino Dutro Dump 136 HD
    • Hino Dutro Cargo 130 HDL
      Hino Dutro Cargo 130 HDL
    Harga Truk Hino

    Jangan lewatkan

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita

    Bandingkan & Rekomendasi

    Hino Dutro Cargo 110 SDR
    Mitsubishi Canter FE 71
    Isuzu ELF (N Series) 4 Wheel
    Isuzu ELF (N Series) 6 Wheel
    Hino Dutro Cargo 110 SD
    Tenaga Maksimum 110
    108
    120
    150
    110
    Max Torque 284 Nm
    304 Nm
    353 Nm
    402 Nm
    284 Nm
    Transmisi Manual
    Manual
    Manual
    Manual
    Manual
    RPM at Max Power -
    2500
    2600 RPM
    2600 RPM
    -
    RPM at Max Torque -
    1000-2500
    1500-2600 RPM
    1400-2600 RPM
    -
    Bandingkan Sekarang

    Tren Box Body

    Artikel Truk Hino Dutro Cargo 110 SDR dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Mitsubishi Fuso Tambah Diler di Morowali untuk Sokong Industri
      Mitsubishi Fuso Tambah Diler di Morowali untuk Sokong Industri
      Anjar Leksana, 22 Apr, 2024
    • KTB Tambah Layanan Bengkel Siaga 24 Jam di Ciawi, Jawa Barat.
      KTB Tambah Layanan Bengkel Siaga 24 Jam di Ciawi, Jawa Barat.
      Alvando Noya, 18 Mar, 2024
    • KTB Fuso Bertekad Tumbuhkan Pangsa Pasar hingga 41 Persen selama 2024
      KTB Fuso Bertekad Tumbuhkan Pangsa Pasar hingga 41 Persen selama 2024
      Anjar Leksana, 15 Mar, 2024
    • Alasan KTB Fuso Senantiasa Fokus Garap Mikro Bus (LDT) di Indonesia
      Alasan KTB Fuso Senantiasa Fokus Garap Mikro Bus (LDT) di Indonesia
      Anjar Leksana, 15 Mar, 2024
    • Mercedes-Benz O 500 RSD, Sasis Bus Pertama yang Memiliki ADAS di Indonesia
      Mercedes-Benz O 500 RSD, Sasis Bus Pertama yang Memiliki ADAS di Indonesia
      Anjar Leksana, 13 Mar, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*