Bosch Kenalkan Aki Kendaraan Tambang T5 Mega Power Duty

Bosch Kenalkan Aki Kendaraan Tambang T5 Mega Power Duty

Bosch kembali berpartisipasi di gelaran Mining Indonesia 2019. Melalui event yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pabrikan suku cadang ini mengenalkan aki T5 Mega Power Duty. Baterai khusus yang ditujukan untuk kendaraan pertambangan dan alat berat.

T5 diimbuhkan berbagai keunggulan. Pertama, memiliki kemampuan cranking (starter) mumpuni. Lantaran menggunakan material aktif dengan kepadatan tinggi, sehingga meningkatkan output kinerja yang baik untuk penggunaan tugas berat.

“Kendaraan di tambang dihadapkan kondisi yang berat. Makanya dibutuhkan komponen yang mampu menahan tekanan sebesar itu. T5 pun hadir memenuhi kebutuhan pelanggan,” ungkap Agung Basmantyo Sinulingga, National Sales Manager Automotive Aftermarket Division Bosch Indonesia di Jakarta, Kamis (19/09).

Mengingat medan yang dihadapinya cukup ekstrem, faktor keselamatan dan keamanan juga menjadi prioritas Bosch. T5 diperkuat strukturnya dengan selubung tahan benturan. Ia turut dilengkapi penahan percikan api terintegrasi; dan pemisah polyethylene premium untuk mencegah korsleting atau potensi ledakan, akibat panas atau pengisian berlebih. Perawatannya juga mudah berkat desainnya yang terbuka.

“Tentunya perusahaan tak ingin ada kendala. Soalnya setiap kerusakan atau perbaikan tidak terencana yang terjadi, dapat menyebabkan terhentinya kegiatan dan terbuangnya biaya,” jelasnya.

Aki ini juga disuguhkan dengan solusi lengkap berupa pengisi daya dan alat pendeteksi performa. Paket itu memastikan efisiensi operasional. Charger Bosch tak hanya dapat mengisi satu, tapi 20 baterai sekaligus. Tentunya hal itu dapat menghemat waktu dan biaya, karena jumlah kendaraan di industri tambang bukan cuma satu atau dua unit.

“Ini bersifat opsional, kami kembalikan ke konsumen. Tapi dengan tambahan perangkat konsumen bisa memastikan kinerja baterai optimal. Alat pendeteksi performa, misalnya, dapat mengetahui permasalahan yang terjadi. Pasalnya penurunan kemampuan tidak selalu disebabkan baterai itu sendiri, tapi juga bisa dari kendaraan, seperti alternator yang bermasalah,” terangnya.

Pabrikan asal Jerman ini juga mendukung operasional pelanggan dengan menyediakan pelatihan teknisi. Sehingga konsumen bisa melakukan pengaplikasian secara mandiri, serta menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Untuk harga, T5 Mega Power Duty dibanderol sekitar Rp 5 jutaan, belum termasuk alat tambahan.

Di samping menghadirkan aki, Bosch turut memamerkan produk aftermarket lainnya, seperti filter, busi, motor starter, wiper dan bohlam ramah lingkungan. Seluruhnya sudah disesuaikan untuk kendaraan khusus yang digunakan di lokasi pertambangan.

“Yang kami tawarkan di sini bukan hanya produk andal, tapi juga solusi menyeluruh,” tutupnya. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Daimler Kenalkan Truk Berat Anyar Axor 2528 CH Untuk Pertambangan