Truk Mercedes-Benz GenH2 Hidrogen Bisa Tempuh 1.000 Km, Siap Uji Jalan

Pengujian pada paruh 2024 di jalanan umum Jerman oleh para perusahaan pelanggan

Truk Mercedes-Benz GenH2 Hidrogen Bisa Tempuh 1.000 Km, Siap Uji Jalan

Dalam rangka menekan karbon, Daimler Truck mengumumkan akan menggunakan truk dengan sel bahan bakar hidrogen dalam waktu dekat. Bahkan pabrikan dikabarkan telah memulai proses produksi unit armada untuk pengujian langsung di jalan umum sekitar Jerman. Truk Mercedes-Benz GenH2 kabarnya akan melakoni uji coba pertama di jalan umum pada paruh 2024. Dengan sejumlah pelanggan yang menjadi pengujinya. Termasuk di antaranya adalah Amazon, Air Products, INEOS, Holcim dan Wiedmann & Winz.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa jarak tempuh truk hidrogen Mercedes-Benz GenH2?

    Dalam pengujian berhasil mencatatkan lebih dari 1.000 km dalam sekali pengisian penuh hidrogen
  • “Dengan armada pertama ditujukan khusus pada pelanggan ini, truk dengan sel bahan bakar kami melalui proses pengujian yang sesungguhnya oleh pelanggan secara langsung di lapangan. Lewat pengujian ini, pelanggan kami dapat mengenal teknologi sel bahan bakar dalam operasi kehidupan nyata sehari-hari. Hal ini jelas penting untuk kami dalam tujuannya untuk pengembangan seri kedepannya,” kata Andreas Gorbach, Member of the Board of Management Daimler Truck AG dalam keterangan resmi.

    Mercedes-Benz GenH2

    Baca juga: Juragan99 Trans Tambah 30 Armada AKAP dan Pariwisata, Pakai Sasis Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4

    Lima unit truk semi trailer direncanakan menjalani pengujian jarak jauh melalui rute-rute tertentu di Jerman. Seperti pengangkutan bahan bangunan, kontainer laut atau gas silinder. Selama uji coba pertama ini, Mercedes-Benz GenH2 tetap berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab langsung Mercedes-Benz Trucks. Kendaraan akan diisi bahan bakar di stasiun pengisian hidrogen cair umum (sLH2) yang ditunjuk di Wörth am Rhein dan di daerah Duisburg.

    Pabrikan akan menggunakan hidrogen cair yang didinginkan (sLH2) dan merupakan hasil bersama dengan Linde. Nantinya hidrogen cair ini akan tersedia secara gratis dengan penerapan standar ISO untuk semua perusahaan yang tertarik. Pendekatan inovatif ini memungkinkan, antara lain, kepadatan penyimpanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan LH2 dan pengisian bahan bakar yang lebih mudah, dalam waktu 10-15 menit.

    Mercedes-Benz GenH2

    Daimler Truck lebih memilih hidrogen cair dalam pengembangan teknologi penggerak berbasis hidrogen. Secara umum, teknologi penyuplai energi tidak hanya sekarang berisikan energi dengan kepadatan yang jauh lebih tinggi, tetapi biaya transportasi juga dapat berkurang secara signifikan. Hasilnya, lebih banyak hidrogen dapat diangkut, sehingga secara signifikan meningkatkan jangkauan dan memungkinkan kinerja kendaraan yang sebanding dengan truk diesel konvensional. Tangki hidrogen cair juga lebih menguntungkan dalam hal biaya dan berat. Oleh karena itu, penggunaan hidrogen cair justru memungkinkan capaian muatan yang lebih tinggi.

    Selain itu, berbagai macam kolaborasi pengembangan teknologi ini juga diprediksi mampu membangun pasar massal global untuk proses pengisian bahan bakar yang baru. Kinerja utama truk GenH2 yang sebanding dengan truk jarak jauh konvensional muatan, jangkauan dan kinerja truk jarak jauh Mercedes-Benz Actros konvensional. Truk Mercedes-Benz GenH2, yang digunakan dalam uji coba pelanggan pertama ini menawarkan muatan sekitar 25 ton dengan berat kombinasi kotor (GCW) 40 ton.

    Mercedes-Benz GenH2

    Lewat kehadiran truck GenH2 ini salah satu wujud komitmen Daimler Truck untuk menawarkan kendaraan baru yang netral CO2 pada tahun 2039 di pasar global. Selain itu, ketersediaan infrastruktur yang sesuai dan listrik ramah lingkungan yang memadai sangat penting untuk suksesnya transisi ke teknologi bebas CO2. Daimler Truck yakin, meningkatnya permintaan alternatif transportasi bebas CO2 secara lebih terjangkau hanya dapat dicapai dengan kombinasi dari kedua teknologi tersebut.

    (NDO/TOM)

    Baca juga: Spesifikasi Bus Listrik Hyundai County EV yang Masuk Indonesia Tahun Depan

    Alvando Noya

    Alvando Noya

    Pria lulusan IISIP Jakarta ini memulai karir sebagai wartawan otomotif di majalah Motor Trend Indonesia pada 2012 silam. Sempat menarik diri dari dunia jurnalistik selama beberapa tahun, kemudian pada 2021 akhirnya kembali dan bergabung bersama oto media group. Alvando Noya is a reporter for otomedia group with 8 years experienced as automotive journalist. He graduated from Institute of Social and Political Science Jakarta with a bachelor degree in Faculty of Communication Science. He started as an intern in one of national TV station in 2010. Prior to joining Oto Media Group, Alvando was working in Motor Trend Magazine and Carvaganza Magazine.

    Baca Bio Penuh

    GIIAS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature

    Video Truk Terbaru di Oto

    Oto
    • Mercedes-Benz Actros & Arocs | First Drive | Berapa Harganya? | OTO.com
      Mercedes-Benz Actros & Arocs | First Drive | Berapa Harganya? | OTO.com
      03 Jul, 2019 .
    • Volvo Truck FH16 | First Drive | Menjajal Truk Bermesin 16.000 cc | OTO.com
      Volvo Truck FH16 | First Drive | Menjajal Truk Bermesin 16.000 cc | OTO.com
      16 Apr, 2019 .
    Tonton Video Truk

    Artikel Truk dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Dekatkan Diri kepada Konsumen, Mitsubishi Fuso Tambah Service Point di Dua Lokasi
      Dekatkan Diri kepada Konsumen, Mitsubishi Fuso Tambah Service Point di Dua Lokasi
      Anjar Leksana, 12 Jul, 2024
    • Manfaat Double Filter yang Digunakan Isuzu LEF NMR Terbaru
      Manfaat Double Filter yang Digunakan Isuzu LEF NMR Terbaru
      Anjar Leksana, 03 Jul, 2024
    • Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Akan Meluncur di GIIAS 2024
      Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Akan Meluncur di GIIAS 2024
      Anjar Leksana, 27 Jun, 2024
    • Mitsubishi Fuso Tambah Diler di Morowali untuk Sokong Industri
      Mitsubishi Fuso Tambah Diler di Morowali untuk Sokong Industri
      Anjar Leksana, 22 Apr, 2024
    • KTB Tambah Layanan Bengkel Siaga 24 Jam di Ciawi, Jawa Barat.
      KTB Tambah Layanan Bengkel Siaga 24 Jam di Ciawi, Jawa Barat.
      Alvando Noya, 18 Mar, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*