• Wishlist

KTB Kerek Target Penjualan Tujuh Persen pada 2020 Berdasar 3 Sektor Ini

KTB Kerek Target Penjualan Tujuh Persen pada 2020 Berdasar 3 Sektor Ini

Kondisi market 2020 dinilai masih menantang. Namun Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) tetap mengerek target penjualan 7%. Kalau diakumulasi, pertumbuhan yang dikejar dan dipancang 46,900 unit. Dan perspektif perusahaan ke depan, tetap fokus meningkatkan dominasinya sebagai market leader. Itu didasar pada tiga sektor penting.


Varian Superlong Fuso Fighter


Bagian utama ialah logistik yang trennya terus naik. Lalu KTB juga melihat pembangunan infrastruktur senantiasa dikerjakan pemerintah. Dan perkembangan CPO (kelapa sawit) yang dinilai terus memberi kontribusi. "Sekitar 50% hingga 60% penjualan didapat dari bidang logistik. Biasanya volume meningkat drastis saat bulan puasa dan akhir tahun. Kemudian infrastruktur juga memberi dampak positif. Sementara sektor CPO juga bisa menjadi pemicu pertumbuhan. Dan target 7% dirangsang oleh bagian itu,” papar Duljatmono, Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Jakarta (11/2).


Sasaran itu jua dipatok berdasar analisis performa pasar selama 2019. Tahun lalu total kendaraan niaga yang berhasil dipasarkan KTB 94,323 unit. Atau menurun 19% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 116,421 unit. Walau begitu, Mitsubishi Fuso tetap mendominasi market. Mereka menggenggam market share 44.2% atau setara dengan 41,736 unit.


Jika dibedah lebih perinci, Colt Diesel laku 36,575 unit dengan pangsa pasar 55,4% di segmen Light Dump Truck (LDT). Sedangkan Fuso dan Fighter terkirim 5,161 unit dengan market share 23,4% yang meningkat cukup baik. Pertumbuhan Medium Dump Truck (MDT) tak lepas dari kontribusi Fighter yang mendapat respon positif sejak pertama kali dipasarkan awal 2019. Sebanyak 15 varian disuguhkan demi memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai sektor. Hasilnya terkumpul 1,581 unit Fighter tahun lalu.


Baca Juga: Mitsubishi Fuso Siapkan Truk Baru dan Elektrik di GIICOMVEC 2020


Line-up Anyar


Untuk mendongkrak pemasaran, KTB juga menyiapkan banyak varian baru serta penyesuaian model yang diharap bisa menjawab kebutuhan pasar. Ada tipe anyar MDT Fighter FN61FL HD (6x2) dengan mesin diesel berkekuatan 270 PS, transmisi Eaton 9 percepatan, final gear 6.166. Serta panjang sasis hingga 9,8 meter. Unit ini disiapkan demi menyasar kebutuhan pasar logistik on-road. Kini tersedia 18 varian Fighter siap memenuhi kebutuhan konsumen tahun ini.


Target Mitsubishi Fuso 2020


Penyesuaian model pada spek Gross Vehicle Weight (GVH) dan Rear Over Hang (ROH) di beberapa varian juga diterapkan, demi menyesuaikan regulasi Zero ODOL dan B30. Disiapkan pula produk Custom Tailored Truck (CTT) yang dapat dimodifikasi. Sehingga pebisnis bisa mengoptimalkan kendaraan berdasarkan kebutuhan, namun tetap sesuai aturan berlaku. Dan untuk menjamin kelangsungan operasional pelanggan, tersedia 226 diler resmi, 14 truck center, 13 part Depo. Termasuk 108 Mobile Workshop Service dan 5.100 outlet spare parts. (Alx/Tom)


Baca Juga: Semua Truk Fuso Aman Tenggak B30