GIICOMVEC 2020: Karoseri Adiputro Hadirkan Medium Bus Terbaru

GIICOMVEC 2020: Karoseri Adiputro Hadirkan Medium Bus Terbaru

Industri pendukung otomotif kendaraan komersial ikut ramaikan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Salah satunya karoseri bus, Adiputro. Beragam produk dipajang di pameran yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 5 sampai 8 Maret.

Produk baru pun dihadirkan perusahaan karoseri asal Malang itu. Berupa medium bus, mengambil basis Mercedes-Benz OF-917 Long. Sebuah angkutan yang mampu mengangkut hingga 39 penumpang, punya tampilan baru. Bahkan menurut Sales Associate PT Adiputro Wirasejati, Adi Bagus Kuncoro, wujudnya mendapat facelift dari sebelumnya.

Bus kreasi Adiputro

Rupa menjadi bagian yang paling banyak ditransformasi. Tak lagi mengaplikasikan kaca tunggal, tapi sudah double windshield. Konfigurasi ini dimungkinkan dengan menambah palang yang disebut bando. Hasilnya, wajah model terbaru semakin elegan dan mewah, bahkan terkesan bak bus high deck atau dek tinggi.

Kemudian grille dibuat kekinian, dengan dua area terbuka di atas dan bumper. Berpadu apik bersama lampu yang sudah dilengkapi daytime running light (DRL). Kesannya begitu tajam dan eksentrik. Posisi foglamp juga diberikan garis lampu yang membentuk sudut, makin memperkuat aura mewah.

Baca Juga: Volvo Ajak Mencicipi Bus B11R Premium Buatan Adiputro

Sisi bodi juga mendapat ubahan. Rumah kaca spion gayanya mengikuti model bus besar. Modelnya menggantung dan memanjang ke depan. Bukan cuma menempel di samping. Ini seolah melengkapi garis bodi di pinggiran atap atau yang disebut selendang. Bentuk semacam ini dinamakan gaya Voyager.

Tak ada ubahan berarti di dalam kabin, alias Adiputro masih mengaplikasikan desain sebelumnya. Walau begitu, terdapat sentuhan berupa karpet dengan material lebih berkualitas. "Dalam masih lama, dasbor sedikit ada penyesuaian," jelasnya di Jakarta.

Untuk model yang dipamerkan di GIICOMVEC 2020, spesifikasi lengkap dalamannya seperti ini. Fitur hiburan dibenamkan sistem video berupa TV LED 32 inci dan 22 inci. Ini dipadukan perangkat audio, berupa DVD Player Double DIN, yang diperkuat 2 set speaker, power, subwoofer, mic dan preamplifier. Sementara, fitur keselamatan tambahan diselipkan safety hammer dan pemadam kebakaran.

Bus Adiputro GIICOMVEC

Bagi konsumen yang tertarik, Adiputro membanderol pembuatan bodi medium bus terbarunya di angka Rp 437,5 juta. Belum termasuk bagian interior, karena harga bisa bervariasi sesuai permintaan pelanggan. Biaya bodi itu pun juga tak mencakup sasis. Walau dikenalkan di GIICOMVEC 2020, model terkini sudah mendapat respons positif. Beberapa Perusahaan Otobus (PO), seperti dari Bali dan Bandung.

"Estimasi kalau semuanya atau full set, tidak termasuk basis ya. Biasanya bisa sampai Rp 800 jutaan," tutup Adi Bagus Kuncoro. (Hfd/Tom)

Baca Juga: GIICOMVEC 2020: Toyota Pamerkan Customized Products, Solusi Bisnis Produk Komersial

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store