Tetap Layani Konsumen di Masa Pandemi, Ini Strategi Aftersales Service Isuzu

Tetap Layani Konsumen di Masa Pandemi, Ini Strategi Aftersales Service Isuzu

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akhirnya diberlakukan di Jawa dan Bali sepanjang 3-20 Juli 2021. Meski bertujuan utuk mengurangi angka pandemi Covid-19 yang tak kunjung turun, namun pelaksanaannya juga membuat kegiatan ekonomi terkendala. Termasuk kegiatan otomotif. Para pabrikan otomotif harus memutar otak untuk tetap bisa melayani kebutuhan konsumennya. Seperti Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) selalu berkomitmen dalam hal layanan aftersales service kepada seluruh pelanggannya untuk mendukung kemajuan bisnisnya.

Konsumen Isuzu tetap harus menjalankan operasinya. Menurut Attias Asril, Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), di kondisi pandemi ini Isuzu menjalankan beragam strategi untuk membantu customer agar tetap dapat menjalankan bisnisnya. Isuzu juga memberikan pelayanan untuk servis di lokasi customer dengan Layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB). Hal ini dilakukan agar customer tidak perlu datang ke bengkel dan dapat menghemat waktu.

"Khusus untuk unit-unit common rail, Isuzu menyediakan layanan Health Report yang dapat memberikan dengan cepat informasi mengenai kerusakan yang terjadi di unit dan gambaran perilaku berkendaran agar customer sehingga customer bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi masalah yang lebih besar serta berkendara lebih efisien," ungkap Attias dalam keterangan resminya.

Isuzu Service

Program Layanan

Secara resmi, Isuzu memang belum menjalankan BIB yang beroperasi 24 Jam non stop. Meski demikian, banyak BIB yang beroperasi di luar waktu kerja normal untuk memberikan support customer di waktu-waktu genting terutama di malam hari atas request dari customer.

"Untuk mendukung customer selama 24 Jam, Isuzu memiliki Layanan On Call 24 Jam melalui Field Advisor yang dapat membantu customer, melakukan tindakan ataupun memberikan petunjuk kepada customer apabila terjadi problem," jelas Attias. Perlu diketahui bahwa hingga saat ini jumlah Bengkel Isuzu berjumlah 139 dengan Jumlah teknisi hampir 900 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Attias mengatakan berdasarkan data yang dimiliki terdapat peningkatan volume jika dibandingkan tahun 2020. Pada periode Januari hingga Mei 2021 ini terdapat peningkatan kendaraan yang dilayani hingga 21 persen. Tren unit yang dilayani menggunakan mobil service meningkat hingga 42 persen dibandingkan dengan Januari hingga Mei 2020 lalu.

Khusus untuk konsumen, untuk bulan ini Isuzu masih terus melanjutkan campaign-campaign program servis murah dengan mengeluarkan program-program. Antara lain Isuzu Radiator Coolant, Isuzu GIGA Brake Fluid, Isuzu Engine Oil 200 L, dan Isuzu Engine Oil 5 L. "Kami menawarkan paket-paket perawatan, semisal paket ganti oli dengan harga yang lebih terjangkau agar customer dapat tetap menjaga kendaraannya agar dapat tetap produktif," tutup Attias.

Baca juga: Regulasi ODOL Berlaku Awal 2023, Isuzu Indonesia Siapkan Beberapa Langkah

Isuzu Kompetisi

Isuzu Skill Competition 2021

Selain layanan untuk konsumen, IAMI kembali menggelar Isuzu Skill Competition yang digelar bagi para pemain After Sales Service Isuzu di seluruh Indonesia. Kompetisi yang digelar untuk ke-23 ini berlangsung secara virtual dengan nama Isuzu Skills e-Competition 2021.

Jenis kompetisi yang diselenggarakan pada event ISC tahun ini adalah Kompetisi Mekanik, Kompetisi Partman, Kompetisi Field Advisor dan Kompetisi Workshop Head, dan yang terbaru adalah Video Competition dengan tema “CV Mindset Implementation”.

Jap Ernando Demily, Vice President Director PT IAMI menjelaskan, bahwa IAMI sangat menyadari bahwa peran aftersales begitu penting dalam bisnis kendaraan komersial. Hal ini membuat IAMI akan menjadikan aftersales salah satu pilar utama dalam company strategic road map. Melalui kompetisi ini, diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi pelayanan kepada pelanggan. "Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang tahun ini. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan layanan aftersales Isuzu kepada seluruh pelanggan Isuzu,” ungkap Ernando.

Khusus untuk ‘Kompetisi Mekanik’, pemenang tingkat Nasional (7 Besar) akan di seleksi untuk menjadi wakil peserta dari Indonesia ke ajang kompetisi Teknisi tingkat dunia yaitu : The Isuzu World Technical e-Competition (I-1 GRAND PRIX) yang diselenggarakan secara virtual juga. (Raju)

Berikut daftar pemenang Isuzu Skills Competition 2021:

Mekanik:

  1. Isuzu Jawa Timur – Dedek adi Saputra
  2. Isuzu – Bagus Aprilio
  3. Isuzu Jawa Tengah – Muh Sya'ban Ghofar

Partman:

  1. Isuzu Sumbagut – Muhammad Manda
  2. Isuzu IBT – Rendra Suryanata
  3. Isuzu Jawa Tengah – Jumadi

Field Advisor :

  1. Isuzu – Choril Anam
  2. Isuzu Jawa Tengah – Fajar Andriyanto
  3.  Isuzu Jawa Barat – Maman Suyanto

Workshop Head

  1. Isuzu Jawa Timur – Hariyadi
  2. Isuzu Jawa Barat – M Khusaini
  3. Isuzu IBT – Syamsul Bahri

Baca juga: Isuzu D-Max Terbaru Dijual di Malaysia Rp 300 Jutaan, Indonesia Kapan?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Truk Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Truk