Hino Indonesia Luncurkan 6 Truk Baru Berfitur ABS, Diklaim Aman Angkut Bahan Berbahaya Beracun

Hino Indonesia Luncurkan 6 Truk Baru Berfitur ABS, Diklaim Aman Angkut Bahan Berbahaya Beracun

PT Hino Motors Sales indonesia (HMSI) luncurkan truk baru bernama Hino500 Ultimate Safety. Total ada 6 model, mulai dari FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS. Meski berbeda-beda, semua unit dibekali teknologi anti lock braking system atau ABS. Seluruh produk baru dilengkapi sejumlah fitur keselamatan, sehingga diklaim aman buat mengangkut bahan berbahaya beracun (B3).

KEY TAKEAWAYS

  • Hino 500 Ultimate Safety

    Lini terbaru Hino lengkap dengan ABS dan aman untuk bawa bahan berbahaya beracun
  • Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida mengatakan Hino500 merupakan kendaraan yang sering digunakan untuk mengangkut bahan bakar beracun (B3). Maka itu peranti ABS merupakan salah satu persyaratan bagi perusahaan pendistribusian bahan bakar minyak. Sebagai informasi, model ini banyak digunakan sebagai armada Pertamina.

    "Perusahaan distribusi BBM mewajibkan kendaraan pengangkut memiliki pengereman ABS. Untuk itu, Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS bawaan pabrik, sehingga tidak perlu repot lagi menambahkan perangkat ABS yang memakan biaya besar," ujar Uchida di Jakarta Pusat, Rabu (18/1).

    Hino 2023

    Baca juga: PO Express Jaya Gunakan Bus Hino RM 280 untuk Armada Baru Lintas Sumatra

    Menurutnya, dengan pembekalan ABS, traksi dan daya cengkram ban tetap terjaga saat melakukan rem mendadak. Dia menilai, perangkat pengereman bersensor itu membuat tingkat keamanan kendaraan menjadi lebih baik. Selain itu, dibenamkan Daytime Running Light atau DRL LED untuk meningkatkan visibilitas truk agar mudah terlihat pengendara sekitar. Maka kecelakaan dalam berkendara bisa dihindari dan pengguna jalan lain bisa aman.

    Hino 500 Series Ultimate Safety memiliki tampilan depan model On Road Cabin. Wujudnya modern dan bentuk grill lebar, sehingga mampu meningkatkan aerodinamis yang baik. Untuk keamanan pengemudi turut disematkan Cabin Tilt Safety. Memastikan kabin sudah terkunci dengan baik dan benar. Serta sistem pengaman Door Lock untuk mengunci atau membuka pintu secara bersamaan.

    Sisi kenyamanan sudah dilengkapi Air Conditioner (AC) serta power window. Sehingga pengemudi atau penumpang lebih nyaman saat kendaraan beroperasi. Untuk meminimalkan biaya operasional terdapat Strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati sehingga lifetime fuel filter lebih lama dan biaya perawatan kendaraan jadi lebih efisien.

    Hino 2023

    Soal jantung pacu, seri 500 menggunakan mesin diesel berkonfigurasi 6-silinder model P11C yang sudah dilengkapi dengan teknologi Common Rail dan memenuhi standar emisi EURO 4. Seri mesin ini cuma ada di model dump truck dan tractor head. Jantung mekanisnya berkapasitas 10.520 cc, 4-langkah segaris, direct injection, dengan turbocharger. Di atas kertas tenaganya 348 dk pada 2.500 rpm dan torsi 1.314 Nm sejak 1.500 rpm.

    Dalam acara peluncuran yang digelar di Hotel sultan, Jakarta pada Rabu (18/1), secara simbolis Hino500 Series FM340TH ABS dihadirkan menjadi perwakilan dari 6 model. Seluruh varian Ultimate Safety sudah dapat dipesan per Januari 2023 (unit VIN23) oleh customer setia melalui dealer resmi Hino.

    (BGX/TOM)

    Baca juga: Hino Hadirkan Diler Baru dan Apresiasi Konsumen Jarak Tempuh 1 Juta Km

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Truk Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Truk