GIICOMVEC 2020: Hino Kenalkan Teknologi Telematic untuk Efisiensi Operasional

GIICOMVEC 2020: Hino Kenalkan Teknologi Telematic untuk Efisiensi Operasional

Beragam inovasi dihadirkan pabrikan kendaraan komersial di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Tak hanya produk berupa kendaraan, tapi juga teknologi pendukung. Seperti PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) yang merilis sistem komunikasi tanpa kabel bernama Hino Connect.

Sistem telematic ini ditujukan membantu kinerja operasional bisnis pelanggan, sehingga menjadi lebih optimal. Ini adalah bentuk Total Support Hino kepada pelanggan. Di dalamnya terdapat berbagai fitur untuk mempermudah manajemen. Perangkat itu pun sudah terpasang pada kendaraan Hino produksi 2020, baik Dutro, Ranger dan Bus.

“Dengan Hino connect, kami memiliki tujuan untuk memaksimalkan waktu operasi kendaraan dan meminimalkan biaya operasional. Kami percaya Hino connect dapat berkontribusi bagi masyarakat Indonesia melalui kendaraan yang lebih aman dan nyaman,” ucap Takayuki Tsuchida, Direktur HMSI.

Interior Hino FG 235 JU

Adapun fitur pertama yang dimiliki, Route Analyze dan Geo Fence. Berfungsi menentukan area operasional dan analisa rute armada. Berkatnya, pelanggan dapat menekan ongkos, sehingga lebih efisien. Kemudahan pengaturan pengemudi turut ditunjang fitur Driver Assignment dan Score Card. Gaya mengemudi sampai perilaku pengemudi di jalan bisa dipantau lewatnya. Dengan begitu, risiko kecelakaan bisa terjadi, akibat evaluasi yang diberikan. Termasuk pula melindungi aset milik pelanggan.

Manajemen kendaraan juga semakin praktis. Dalam Hino Connect terdapat fitur Service Reminder dan Vehicle Rule. Perawatan kendaraan pun dapat dilakukan secara tepat waktu, karena diingatkan. Tentu ini dapat membuat bisnis semakin lancar, karena tak mengalami kendala tiba-tiba dan dapat meningkatkan harga jual unit kembali.

Pelanggan dapat menikmatinya secara cuma-cuma selama 5 tahun, baik itu perangkat, akses monitoring dan reporting. Data yang dihasilkan dipastikan terjaga kerahasiaan dan keamanannya, karena disimpan di dalam server milik Hino sendiri. Ketenangan pengguna, terutama yang berada di daerah minim jaringan internet, seperti di pelosok pedalaman tak perlu diragukan. Karena komponen itu memiliki memori internal. Semua data telematik tersimpan di dalamnya hingga 21 hari. Kemudian secara otomatis dikirim ke server ketika jaringan tersedia kembali. Urusan pelayanan aftersales, Hino Connect juga didukung tenaga khusus di seluruh diler resmi yang sudah mempunyai Hino Telematics Officer (HTO).

“Hino Connect dapat membantu pelanggan, melakukan perawatan rutin yang tepat waktu. Selain itu, pelanggan tidak hanya dapat melihat lokasi kendaraan melalui GPS. Tetapi juga catatan kendaraan ketika beroperasi,” tutup Takayuki. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Isuzu Link Sebarkan Kemudahan Teknologi Telematics ke Jajaran Truk Ringan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store