jakarta-selatan

Coronavirus

LIVE @ Oto

Crew peliputan paling banyak / Berita tercepat dan paling update

Coronavirus 2nd Mar - 30th Apr Waktu dan Tempat

Berita Coronavirus

  • Berita Terbaru

Gambar Coronavirus

Coronavirus (COVID-19)


Virus Corona (COVID-19) menghantam kita dari segala penjuru. Tidak ada satupun bidang usaha yang aman dari dari gelombang serangan virus satu ini. Bicara soal industri otomotif, inilah saat yang paling kelam dalam sejarahnya. Event besar macam motor show, balapan hingga acara peluncuran kendaraan baru harus dibatalkan atau dijadwal ulang.

Namun, untuk memahami keterpurukan yang dihadapi industri otomotif, kita harus menggali lebih dalam. Penyebaran virus mematikan yang sulit dikendalikan ini membuat pembelian mobil jadi prioritas paling bawah dalam daftar belanja semua orang, kalau tidak dihapus. Pemerintah di seantero dunia memberlakukan pembatasan ruang gerak hingga total lockdown untuk meredam penyebaran Corona. Wajar kalau beli mobil langsung tergeser prioritasnya. Skenario mengkhawatirkan berikutnya adalah Sampai Kapan? Menurut ahli ekonomi dunia, melihat situasinya akan perlu waktu berbulan atau tahunan untuk bisa pulih lagi. Pendek kata, masa sulit ini akan akrab bersama kita untuk beberapa saat.

Tetap optimis harus dilakukan seberapa sulit pun situasi yang dihadapi. Jika nanti pandemik ini usai, selalu higienis akan jadi prioritas. Industri otomotif akan melakukan bagiannya dengan menyediakan produk dan moda transportasi yang bersih.

Hingga itu kejadian, yang bisa kita lakukan adalah berdoa dan berusaha agar segalanya segera membaik.

Hanya untuk informasi. Hubungi petugas kesehatan untuk lebih lengkapnya. 
Sumber: World Health Organization

Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai Coronavirus

  • Apa itu Virus Corona?

    Virus Corona adalah keluarga virus yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia, beberapa virus Corona diketahui bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan. Mulai dai demam biasa hingga sakit parah macam Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan kalau Anda masih ingat, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Yang sekarang ini, mengakibatkan penyakit yang disebut COVID-19.

  • Apa Itu COVID-19?

    COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus

  • Bagaimana Gejala COVID-19?

    Corona yang baru-baru ini ditemukan. Virus dan penyakit yang ditimbulkannya tidak diketahui sebelum penyebaran di Wuhan, Cina bulan Desember 2019 lalu. Gejala yang paling sering terjadi adalah demam, merasa lelah dan batuk kering. Beberapa pasien ada juga yang mengeluhkan nyeri dan sakit, kesulitan menelan, hidung meler, sakit tenggorokan dan diare. Gejala ini biasanya ringan dan seiring berjalannya waktu, semakin terasa berat. Beberapa orang yang terinfeksi bahkan tidak merasakan gejala itu sama sekali dan merasa sehat. Sebagian besar penderita (sekitar 80 persen) berhasil sembuh tanpa harus menjalani perawatan khusus. Satu dari enam penderita COVID-19 mengalami penurunan kondisi yang parah dan kesulitan bernafas. Mereka yang berusia lanjut dan punya masalah kesehatan seperti darah tinggi, penyakit jantung atau diabetes adalah yang paling rentan terkena penyakit ini. Mereka yang merasa demam, batuk dan mengalami kesulitan bernafas harus segera mencari bantuan medis.

  • Bagaimana COVID-19 Menyebar?

    Penyakit Virus Corona ini biasanya menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, penyebaran terjadi saat seseorang menyentuh permukaan atau objek yang bervirus, lalu menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung atau mulut.

  • Apa yang bisa Dilakukan Untuk melindungi Diri Sendiri dan Mencegah Penyebaran COVID-19?

    Lakukan hal sederhana ini:
    - Cuci tangan secara teratur
    - Tutupi mulut saat batuk atau bersin
    - Jangan sentuh wajah kalau belum cuci tangan
    - Jaga jarak dengan orang lain
    - Diam di rumah

  • Perawatan COVID-19?

    Tidak ada obat yang khusus untuk mengobati atau menghindari COVID-19. Yang harus dibantu adalah mereka yang mengalami kesulitan bernafas.
    1. Rawat diri sendiri Kalau mengalami gejala ringan, isolasi sendiri diri Anda di rumah hingga pulih. Gejalanya akan hilang jika:
    - Istirahat dan tidur yang cukup
    - Menghangatkan badan
    - Minum yang banyak
    - Gunakan humidifier atau mandi air hangat untuk meringankan sakit tenggorokan dan batuk
    2. Perawatan Medis Kalau mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas, segera cari bantuan medis terdekat. Beritahukan sejujurnya kepada penyedia jasa kesehatan mengenai riwayat perjalanan dan kontak fisik yang telah terjadi.