DCVI dan Laksana Sajikan Inovasi Bus MB OF 917, Aman Digunakan Saat Pandemi

DCVI dan Laksana Sajikan Inovasi Bus MB OF 917, Aman Digunakan Saat Pandemi

Segmen kendaraan niaga terutama bus penumpang selalu menghadirkan inovasi menarik. Salah satunya dilakukan Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), pemegang merek kendaraan niaga Mercedes-Benz (MB) yang menghadirkan kembali MB OF 917 dengan penyempurnaan terbaru.

Perkenalan yang dilakukan secara virtual 9 November lalu ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan kontes desain Livery dan interior Bus MB OF 917 dengan mengajak karoseri-karoseri bus ternama di Indonesia dalam mewujudkan bus yang nyaman dan aman digunakan selama pandemi.

DCVI x Laksana - MB OF 917

“DCVI tetap berkomitmen untuk tidak pernah berhenti berinovasi dan berkolaborasi dengan mitra terpercaya kami untuk memastikan industri mobilitas di Indonesia terus bergerak di masa sulit seperti ini. Oleh karena itu, kami sangat senang untuk memperkenalkan the newly-improved Mercedes-Benz OF 917 kepada para pelanggan di Indonesia. Hari ini menjadi lebih spesial karena kolaborasi kami dengan salah satu mitra karoseri terpercaya kami, Laksana, dalam mewujudkan desain livery dan interior bus Mercedes-Benz OF 917,” jelas Jung-Woo Park, President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia dalam keterangan resmi, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: GIIAS 2021: Daftar Kendaraan Komersial yang Ikut Serta dan Unit Andalannya

Melalui kompetisi yang diselenggarakan di akun instagram @mercedesbenzid.bus ini, perusahaan karoseri ternama asal Semarang Laksana Bus muncul sebagai pemenang dengan likes terbanyak.

DCVI x Laksana - MB OF 917

“Laksana dengan bangga menampilkan desain livery bertema Heritage Kota Semarang dengan aksen merah putih khas bendera Republik Indonesia. Kami juga mewujudkan desain landmark kota Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, Kuil Sam Po Long serta Balai Kota Semarang. Hal ini kami lakukan agar kita tetap selalu ingat dengan budaya lokal dan sudah tugas kita sebagai pahlawan modern untuk selalu bangga terhadap budaya kita sendiri.” ujar Alvin Arman, Direktur Komersial Karoseri Laksana.

Laksana melengkapi bagian interior Mercedes-Benz OF 917 ini dengan desain Suites Combi, perpaduan konfigurasi suites cabin dan physical distancing seat. Laksana mengusung kombinasi konfigurasi 12 physical distancing seat dan 8 suites cabin yang dilengkapi dengan fitur-fitur layaknya VIP bus seperti 150 derajat seat reclining, USB Charger, individual lamp, cup holder, dengan monitor LCD layar sentuh yang memanjakan penumpang selama perjalanan.

DCVI x Laksana - MB OF 917

Desain interior mewah ini juga didukung dengan fitur-fitur protokol kesehatan agar penumpang merasa nyaman dan aman seperti Touchless Temperature Measurement dan Bio Smart Air Circulation System yaitu kombinasi penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA Filter dan Cabin Filter yang berguna untuk menyaring udara agar bersih dan steril.

“Momen ini menjadi ajang pembuktian kami sebagai perusahaan karoseri terdepan di Indonesia untuk menyediakan bus yang aman, inovatif, dan berkualitas dunia sesuai dengan berbagai kebutuhan pelanggan terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi yang aman dan nyaman di masa new normal saat ini.” ucap Alvin.

DCVI x Laksana - MB OF 917

Penyempurnaan Mercedes-Benz OF 917 kali ini meliputi komponen-komponen krusial bus terutama pada bagian cylinder head, rocker arm dan juga camshaft sehingga memiliki daya tahan operasional serta memiliki umur penggunaan lebih lama.

Untuk mendapatkan daya yang efisien, jantung mekanis diesel dibenamkan mesin berkapasitas 3,9 liter turbocharger dengan intercooler, 4 silinder segaris. Keluaran tenaga maksimumnya mencapai 172,3 PS di putaran 2.500 rpm dan punya momen puntir sebesar 520 Nm di rentang 1.500-2.000 rpm. Selain itu, demi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan, penyempurnaan Mercedes-Benz OF 917 juga difokuskan kepada bagian poros belakang, rem dan suspensi.

DCVI x Laksana - MB OF 917

Beberapa keunggulan sebelumnya yang masih dipertahankan adalah full air brake sebagai fitur standar dan juga fitur Slack adjuster untuk pengaturan kampas rem secara otomatis, punya posisi pengemudi yang ergonomis dan konfigurasi bangku penumpang yang lebar.

“Dengan mengedepankan permintaan pasaran lokal, kami membawa peningkatan terbaru kepada produk ini untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan lebih selama perjalanan berlangsung. Dan dengan panjang bus total yang berkisar antara 8.000 – 10.000 mm, bus ini cukup lincah menjelajah berbagai rute jalan di Indonesia namun tetap memberikan rasa nyaman dan menjadi pilihan terbaik di kelasnya. Dengan penyempurnaan ini, DCVI berharap agar dapat memberikan sasis bus yang dapat beroperasi lebih aman, efisien dan nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang dan dapat mendongkrak angka penjualan bersamaan dengan pulihnya sektor pariwisata setelah masa pandemi.” ucap Faustina, Head of Products & Marketing, PT DCVI. (Sta/Tom)

Baca juga: Kendaraan Niaga Gunakan Ban Ganda, Apa Fungsi dan Perannya?

Model Truk Mercedes Benz

  • Mercedes Benz Axor
    Mercedes Benz Axor
  • Mercedes Benz Actros
    Mercedes Benz Actros
  • Mercedes Benz Unimog
    Mercedes Benz Unimog
Truk Mercedes Benz

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Truk Mercedes Benz Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Truk Mercedes Benz