Catat 5 Jurus Jitu Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor Saat Pandemi

Catat 5 Jurus Jitu Berkendara Jarak Jauh dengan Sepeda Motor Saat Pandemi

Komunitas atau loyalis roda dua biasanya kerap melakukan touring ke luar kota, apalagi di momen libur akhir tahun. Alasannya beragam, mulai dari melepas penat, mempererat solidaritas, atau juga sebagai program rutin antar komunitas.

Tapi karena masih di situasi pandemi COVID-19 tentu ada hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan touring dengan motor bisa nyaman dan aman. Belum lama ini Royal Enfield Indonesia sukses menggelar touring bertajuk 'Tour of Indonesia' dari Bandung menuju Bali dengan total jarak 1.500 kilometer. Kegiatan ini juga turut mempromosikan perjalanan bertanggung jawab sebagai langkah pencegahan penularan COVID-19.

Vimal Sumbly, Business Head, Asia Pacific markets at Royal Enfield mengatakan, Tour of Indonesia Indonesia tahun ini adalah cara mengumpulkan puluhan bikers Royal Enfield yang ingin merasakan touring dengan standar perjalanan baru yang aman di tengah pandemi.

"Untuk memastikan keselamatan pengendara, protokol pencegahan Covid-19 diterapkan secara ketat di sepanjang perjalanan dari Bandung hingga Bali. Kami yakin dengan semua tindakan pencegahan yang dilakukan, Tour of Indonesia 2021 akan menjadi simbol perjalanan yang memberikan pengalaman tidak terlupakan dan keamanan bagi seluruh komunitas pengendara Royal Enfield," katanya lewat keterangan resmi yang OTO.com terima.

tips riding

Kira-kira apa saja yang perlu disiapkan dan wajib dipahami ketika ingin melakukan touring di situasi pandemi saat ini? Yuk simak 5 hal di bawah ini.

1. Memiliki Komitmen yang Sama

Turing dalam grup menuntut komitmen untuk saling melindungi, baik saat berada di jalanan maupun off the bike. Dalam situasi pandemi, mindset "saling melindungi" sesama rekan touring menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Mindset ini akan menjadi panduan para rider dalam bertindak, melindungi diri dari paparan virus COVID-19 yang juga berarti melindungi seluruh rekan dalam perjalanan.

2. Menjaga Kebugaran Tubuh Selama Perjalanan

Kondisi fisik yang prima adalah perisai terbaik yang melindungi diri dari virus dan penyakit. Saat berada dalam perjalanan jarak jauh, kebugaran tubuh menjadi syarat paling penting.

Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kebugaran tubuh. Tidur cukup, menjaga asupan makanan serta disiplin melakukan pemanasan ringan sebelum memulai perjalanan bisa membantu Anda menjaga kebugaran fisik.

Baca juga: Jangan Memaksa, Ini Tips Aman Motoran di Kondisi Jalan yang Tergenang Air

tips riding

3. Pembatasan Interaksi di Luar Rombongan

Ketiga adalah memastikan bahwa seluruh peserta touring dalam keadaan sehat saat bergabung adalah protokol kesehatan yang pertama harus dilakukan. Setelah semua peserta dipastikan sehat, menjadi tanggung jawab seluruh peserta touring untuk menjaga diri dan rekan perjalanan dengan cara membatasi interaksi dengan orang di luar rombongan.

4. Melengkapi Diri dengan New Normal Starter Kit

Ini juga sangat penting. Peserta touring diwajibkan untuk membawa perlengkapan sanitasi dan pelindung diri pribadi seperti cairan pembersih tangan dan masker yang cukup sebagai perlindungan pertama bagi diri sendiri.

5. 3M adalah Wajib

Protokol kesehatan yang mencegah penularan COVI-19 harus tetap dijalankan di mana pun kita berada, termasuk saat melakukan perjalanan. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak adalah tindakan pencegahan yang mutlak untuk terus dijalankan.

Jangan lupa juga untuk mengecek secara teliti kondisi kendaraan sebelum memutuskan touring jarak jauh. Anda bisa melakukan inspeksi mandiri mulai dari mengganti cairan pada motor, pengecekan rem, kondisi ban, dan jika dibutuhkan lakukan servis lebih dulu di bengkel resmi. (Kit/Raju)

Baca juga: Pentingnya Ganti Rantai Motor Pakai Produk Asli Pabrikan, Ini Alasannya

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor