Datsun Go Cross

Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar Datsun Go Cross
0 Shares
  • Konsumsi BBM
    Kota
    -
    Jalan Raya
    -
  • Performa
    Mesin
    1200 cc
    Tenaga Maksimal
    67 hp
  • Kapasitas
    Tempat Duduk
    7 Kursi
    L: 
    3999 mm
    W: 
    1685 mm
  • Kenyamanan
    A/C
    Ya
    Power steering
    Ya
  • Keamanan
    Penguncian Terpusat
    Ya
    Kantong Udara Pengemudi
    Ya

Datsun Go Cross Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Launching soon
    • 1200 cc, Bensin
       

Iklan

Video Datsun Go Cross

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Go Cross

  • Kuning

Review Datsun Go Cross

Tinjauan Umum

Dimiliki oleh Nissan Motors, Datsun merupakan anak perusahaan otomotif yang memiliki spesialisasi dalam hal penjualan dan produksi mobil murah namun ramah lingkungan. Meskipun merek ini dilepaskan  oleh Nissan Mtoor pada tahun 1986, tapi akhirnya kembali diluncurkan pada tahun 2013 seiring dengan peluncuran Datsun Go untuk pasar India, Indonesia, dan Afrika Selatan. Sejak itu, merek ini telah menjadi pelopor akan mobil yang tidak hanya irit bahan bakar serta juga mengeluarkan emisi gas yang rendah, tapi juga lantaran harganya yang terjangkau, merek ini telah berhasil memperluas penetrasi pasar di negara berkembang. Kita telah menyaksikan peluncuran Datsun Redi-Go di India, tapi sayangnya pabrikan memastikan bahwa model ini tidak akan dihadirkan untuk konsumen di Indonesia. Namun, pabrikan asal Jepang ini tentunya tidak bakal mengecewakan penggemarnya, dimana mereka bakal merilis crossover teranyar besutannya, Datsun Go Cross di tanah air dengan harga yang terjangkau. Terhitung sejak digadang-gadangnya tahun 2016 oleh Industri Otomotif Global sebagai “Tahun SUV”, anak perusahaan Nissan ini sangatlah antusias dalam meluncurkan SUV kompak murah besutan mereka untuk bersaing dengan Honda BR-V dan Suzuki Vitara. Volume penjualan SUV saat ini merupakan yang kedua tertinggi setelah MUV di Indonesia, dan Datsun telah merilis Go+Panca besutan mereka untuk mendapatkan peluang di pasar MPV yang tengah menggiurkan ini. Dengan diluncurkannya Go Cross, Datsun Motors bakal memiliki tiga kendaraan di tiga segmen yang berbeda, yang telah mendapatkan respon positif dari para konsumen di Indonesia. Mobil ini dibangun dari kerangka yang juga digunakan pada Go+panca, yang sebenarnya merupakan hasil modifikasi dari kerangka Nissan V. Selain memiliki ukuran layaknya sebuah Datsun MPV, Go Cross juga hadir sebagai model yang benar-benar baru, namun tetap menjaga estetika khas Datsun, yang juga ditampilkan pada produk Datsun lainnya. Dihadirkan sebagai mobil konsep pada ajang otomotif Tokyo Motor Show 2015, Go Cross sangatlah menarik perhatian para pengunjung berkat tampilannya sebagai crossover berukuran medium yang mengintimidasi. Fasia depan yang stylish, pelek logam, roof rails, dan profil yang terlihat sangat serius, serta lampu utama dan lampu kabut yang dibuat lebih ramping, menjadikannya sebagai andalan terbaru di segmen SUV.

Jarak Tempuh dan Tingkat Efisiensi

Jarak tempuh dan tingkat efisiensi bahan bakar adalah dua spesialisasi utama dari kendaraan merek Datsun dan begitu juga halnya dengan yang telah dicapai oleh Go Cross. Kabarnya, mobil ini akan mengusung fitur mesin diesel 1,5-liter yang juga digunakan pada beberapa model Renault dan Nissan mobil, beserta dengan varian bensin baru berkapasitas 1,2-liter yang disematkan pada Go + Panca. Go + dengan mesin bensin yang menawarkan jarak tempuh sebanyak 20 kilometer per liter dalam setiap jenis kondisi berkendara.

Tenaga

Meskipun pabrikan belum merilis informasi detail mengenai mesin diesel 1,5 liter terbaru, kabarnya mobil ini bakal mengusung mesin DCI yang juga digunakan pada mobil merek Nissan dan Renault. Dengan spesialisasi sistem injeksi bahan bakar yang dapat dikontrol secara elektrik, mesin dCi 1,5 liter memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan dapat menghasilkan tenaga hingga 110 hp dan torsi tergantung pada penyesuaian mesin. Mesin bensin 1,2 liter merupakan mesin yang memang biasanya digunakan pada produk Datsun sebelumnya dan menyemburkan tenaga sekitar 67 hp @5000 rpm dan torsi sebesar 104 Nm pada putaran 400 rpm dengan jarak tempuh yang memadai.

Akselerasi dan Daya Angkut

Meskipun beberapa segmen tertentu dari kendaraan Datsun tidaklah berorientasi pada kecepatan, namun dengan mesin kapasitas 1,5 liter yang bertenaga kuat, tentunya model ini bakal menjadi tren baru di jalanan Indonesia. Dengan mesin bensin 1,2 liter, Go-Cross mampu menembus kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 13,5 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 145 km per jam.

Eksterior

Berbicara mengenai eksterior Go-Cross, tidaklah terlalu berbeda dengan Go+ MPV. Namun, hadir sebagai sebuah crossover  berukuran menengah, tentunya para desainer Datsun Motors telah menjamin bahwa pembeli tidak akan merasa tengah membeli MPV yang direvisi ulang gaya desainnya dan karena itu, telah membawa beberapa perubahan yang signifikan pada eksterior Go-Cross. Fitur yang paling menonjol adalah wajah barunya yang intimadasi, sehingga terlihat sangatlah keren dan maskulin, bahkan sanggup bersaing dengan model dari segmen premium, seperti Toyota Fortuner, Ford Ecosport, dan Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini juga mengusung gril depan khas sarang lebah ‘honeycomb’ yang terlihat sangatlah agresif, berkat lampu utama ganda yang disematkan padanya. ORVM juga merupakan salah satu fitur yang paling menonjol dari kendaraan ini, dimana fitur ini telah di-trim agar dapat menyeimbangi desain bodi yang dimodifikasi. Penutup radiator telah didesain dengan nuansa stylish agar kerangka lampu kabut lebih terspesialisasi, yang menjadi bagian dari fasia depan Go-Cross. Warna bodi dua skema dengan baluran silver/abu terlihat sangat sepadan dengan tampilan mobil yang berotot. Garis bahu juga mengalir dengan mulus dari bagian samping tanpa cela. Jika bagian fasia Go-Cross belum cukup menarik perhatian anda, maka cobalah lirik bagian buritan dan profil samping, yang tentunya sangat sarat dengan nuansa elegan dan terlihat meyakinkan. Pelek logam hitam berukuran besar juga menghadirkan sentuhan sporty pada SUV dan tentunya dalam hal harga, Ford Ecosport akan kalah telak. Garis atap tidak hanya menonjolkan estetika off-road’, tapi juga sangat mumpuni dan dapat diandalkan untuk berpertualang.

Interior

Interior Go-Cross akan terlihat familiar jika anda pernah mengendari kendaraan apapun besutan Nissan, namun dengan beberapa perubahan signifikan yang diusungnya, Go-Cross hadir bak kendaraan yang benar-benar baru dari bagian dalam. Terlepas dari fitur standar seperti AC, sistem hiburan, dan jendela elektrik atau power windows, sangatlah penting untuk pembeli agar tidak terlalu berharap banyak pada SUV yang dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif ini. Sebagaimana yang telah diketahui oleh para pelanggan, merek mobil Datsun terkenal akan kekurangannya dalam hal fitur, namun mumpuni dalam aspek efisiensi bahan bakar dan sangat terjangkau. Sama halnya dengan model Datsun lainnya, seperti Go dan Go+Panca berbagi interior simpel mereka dengan Nissan Micra, beberapa spekulasi yang muncul memprediksi bahwa interior Go-Cross akan serupa dengan sang ‘saudara’. Bagaimanpun, kita baru bisa mengumpulkan informasi lengkap mengenai interior Go-Cross setelah dimulai debut perdananya pada pertengahan tahun 2016.

Mesin dan Performa

Sebagai SUV berukuran menengah, Datsun Go Cross akan tersedia dalam pilihan dua varian mesin. Varian pertama berkapasitas 1,2-liter, yang juga digunakan pada Go + Panca, tapi mungkin lebih disempurnakan untuk meningkatkan kemampuan off-road  Go-Cross. Meskipun kinerja mesin ini belum diuji di varian SUV, mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 67 bhp @ 5000 rpm. Kekuatan mesin terletak pada tingkat konsumsi bahan bakar yang sangat ekonomis sehingga dapat dipastikan bahwa Anda tidak harus terlalu banyak berhenti di pom bensin selama perjalanan panjang. Kabarnya, mesin diesel 1,5-liter yang telah disematkan pada beberapa mobil kelas premium, seperti Renault Duster dan Mercedes Benz A-Class, juga akan digunakan. Ditambah dengan sistem injeksi bahan bakar DCI, jantung pacu ini pasti akan menghasilkan kombinasi yang luar biasa untuk segmen crossover berukuran menengah. Hingga detik ini, belum terlalu banyak rincian yang tersedia mengenai transmisi kendaraan, tetapi besar kemungkinan bahwa Go-Cross juga akan menggunakan transmisi manual 5-kecepatan, yang juga diusung oleh Go + Panca.

Roda

Versi konsep mengusung satu set roda yang benar-benar baru untuk Go-Cross, dengan ukuran yang lebih besar ketimbang versi sebelumnya dan sepadan dengan tinggi kendaraan yang ditingkatkan. Pelek logam dengan baluran warna hitam yang disematkan pada kendaraan, hadir dengan sentuhan macho dan elegan, sehingga membuat tampilan mobil lebih menarik.

Keselamatan dan Keamanan

Ketika Anda mencoba untuk membuat mobil paling terjangkau di segmen tertentu, keselamatan penumpang pasti bukanlah prioritas utama, sebagaimana yang dicontohkan oleh Datsun Go – yang menerima beberapa peringkat yang memprihatinkan dalam penilaian tes kecelakaan (NCAP). Meskipun beberapa fitur keselamatan ditambahkan pada Go + MPV, tapi ini jelas bukan jenis kendaraan yang dapat Anda benar-benar andalkan. Model ini mengusung fitur power steering, rem cakram berventilasi depan dan kantung udara pada trim yang lebih tinggi. Akan tetapi, merek Jepang ini juga telah belajar dari kesalahan masa lalu mereka dan Go Cross mungkin akan dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan tambahan, seperti sistem pengereman anti-lock dan satu set kantung udara SRS tambahan untuk menjamin keselamatan yang lebih baik.

Pro

  • Harganya paling terjangkau di segmen tertentu.
  • Eksterior dapat dengan mudah bersaing dengan model kelas premium
  • Varian baru mesin diesel bakal membuat kompetitor kebakaran jenggot

Kontra

  • Fitur keselamatan masih terbatas
  • Untuk beberapa pembeli, tenaga mesin masih dinilai kurang memadai
  • Interior tidaklah se-nyaman yang ditawarkan oleh kompetitor

Berita Datsun Go Cross

Debut Global Datsun Redi-GO Berbanderol Mulai Rp 50 Jutaan

Dirilis pada | | 6227

Produk terbaru Datsun akhirnya tampil ke hadapan masyarakat Dunia. Hari ini (14/4), di New Delhi, India Datsun meluncurkan produk ketiga mereka setelah GO dan GO+ dengan nama Redi-GO. Crossover kompak ini akhirnya diperkenalkan sebagai versi yang sudah siap dijual setelah sebelumnya di ajang Auto Expo India 2016 masih ditampilkan dalam versi konsep...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Datsun Akan Miliki Varian Bermesin Diesel?

Dirilis pada | | 2227

Merek Datsun memang sudah dikenal dengan baik di pasar otomotif Indonesia,sejak puluhan tahun yang lalu. Dan melalui program LCGC, Datsun Go dan Go+ langsung diserap pasar dengan baik. Namun di India, ‘saudara kandung’ Nissan ini mengalami penjualan yang biasa-biasa saja. Dan cenderung perlu perjuangan untuk bisa diterima oleh pasar negeri itu. Kar...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Datsun Meluncurkan Crossover Pertamanya 'Datsun GO Cross' di Tokyo Motor Show 2015

Dirilis pada | | 6944

JAKARTA: Datsun akhirnya mempersembahkan SUV crossover/compact pertamanya dibawah label Datsun GO Cross Konsep di pameran Tokyo Motor Show 2015 yang sedang berlangsung. Namun untuk saat ini perusahaan Jepang ini mempersembahkannya hanya terbatas bagi masyarakat Jepang saja, meskipun nantinya juga diperkirakan akan diluncurkan untuk negara Asia lain...BACA BERITA SELENGKAPNYA