Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Vespa Edisi HUT 75 Tahun, Yamaha MT-09 dan Dovizioso ke Italjet

Top 3 Berita Motor Minggu Ini: Vespa Edisi HUT 75 Tahun, Yamaha MT-09 dan Dovizioso ke Italjet

Vespa merayakan usainya yang ke-75 tahun. Brand asal Italia itu menerjemahkanya dalam wujud Vespa edisi khusus. Melahirkan Anniversary Edition buat Primavera 150 i-Get dan GTS 300 HPE. Keduanya kini hadir di Indonesia. Vespa Primavera dilepas Rp 64 juta on the road Jakarta. Sedang Vespa GTS 300 HPE harganya Rp 175 juta on the road Jakarta.

Setelah melakukan debut di pasar Eropa, Yamaha MT-09 model 2021 rencananya mulai dirilis untuk pasar domestik Jepang dalam waktu dekat. Naked bike terbuas Yamaha tersedia dalam dua varian. Pabrikan berlambang garpu tala menghadirkan MT-09 SP sebagai opsi lain. Tipe SP dibanderol 1.265.000 Yen atau setara Rp 164,6 jutaan dan tipe standar 1.100.000 Yen atau sekitar Rp 143 jutaan. Semoga segera masuk Indonesia.

Sementara Andrea Dovizioso yang meninggalkan ajang MotoGP dan Ducati akhir tahun lalu, kini punya kesibukan baru. Ia sekarang direkrut oleh Italjet untuk menjadi brand ambassador sekaligus ikut terlibat dalam pengembangan Dragster terbaru. Pembalap Italia itu telah menandatangani dan menjalin kerja sama sebagai rider test buat pengembangan skutik Dragster 200 dan 125.

Vespa 75th Anniversary Limited Edition

Edisi Khusus Vespa 75 Tahun

Brand Italia, Vespa, merayakan ulang tahun ke-75. Rangkuman atas pencapaian itu diterjemahkan dalam wujud Vespa edisi khusus. Melahirkan Anniversary Edition buat Primavera 150 i-Get dan GTS 300 HPE. Keduanya kini hadir di Indonesia. "Setelah 75 tahun mengalami berbagai perubahan besar, kami bangga dapat menyaksikan bagaimana Vespa tetap relevan di dunia sampai saat ini. Berevolusi bersama dari generasi ke generasi, mengekspresikan tren lifestyle dan pergerakan kultur dengan keunikan serta keasliannya. Heritage, fashion, dan modernity juga menjadi kunci keberhasilan kami,” ujar Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia.

Sosok Primavera dan GTS bertema spesial dilabur kelir metalik Giallo. Di bagian panel samping dan mudguard depan, terdapat angka 75 dengan warna yang sedikit lebih dominan, menciptakan efek tone-on-tone yang elegan. “Front tie” pada Vespa 75th Anniversary ini juga diwarnai dengan matt pyrite yellow yang tak kalah indah. Untuk menekankan perjalanan yang penuh bersejarah, terdapat sebuah badge khusus. Diletakkan di bagian penyimpanan depan, tepatnya di bawah kanan. Ditujukan sebagai reinterpretasi yang kuat dari masa lalu dan pengingat pencapaian historis brand skuter dari Italia.

Setiap model hadir dengan sadel berbahan kulit nubuck khusus berwarna dark smoke grey. Lapisan yang membungkus itu berikan kesan siluet yang elegan. Wheelrims diwarnai abu-abu dengan finishing peri-metal, bikin pengendaranya mendapat gaya maskulin. Secara eksklusif, Vespa GTS 75th Anniversary disematkan Chrome-plated edge shields dan sandaran kaki penumpang yang bisa dilipat.

Vespa Primavera dilepas Rp 64 juta on the road Jakarta. Sedang Vespa GTS 300 HPE harganya Rp 175 juta on the road Jakarta. Edisi spesial Vespa 75th Anniversary ini dijual terbatas bukan dari jumlahnya. Melainkan skutik ini hanya dijual sepanjang 2021 saja. Baca lengkapnya di sini.

Yamaha MT-09 2021

Yamaha MT-09 2021

Yamaha MT-09 model 2021 rencananya mulai dirilis untuk pasar domestik Jepang dalam waktu dekat. Naked bike terbuas Yamaha tersedia dalam dua varian. Pabrikan berlambang garpu tala menghadirkan MT-09 SP sebagai opsi lain. Tipe SP dibanderol 1.265.000 Yen atau setara Rp 164,6 jutaan dan tipe standar 1.100.000 Yen atau sekitar Rp 143 jutaan.

Yamaha MT-09 2021 membawa sejumlah pembaruan dan penyempurnaan. Pabrikan telah melakukan beberapa perubahan kontemporer, seperti peningkatan sasis, dan suspensi. Selain itu, naked bike anyar ini juga mendapat penyegaran di sektor mesin. Ada sedikit revisi sehingga ada peningkatan kapasitas menjadi 890 cc. Model sebelumnya 847 cc. Sementara tubuh juga tak lepas dari pembaruan.

Model ini memiliki desain lebih ramping dan agresif dibanding pandahulunya. Dari tampang jauh berbeda ketimbang model sekarang. Usungan empat buah lampu projector tak lagi terlihat. Diganti dengan satu unit saja. Ukurannya lumayan besar dan secara keseluruhan bagian ini jauh lebih modern. Ditambah lagi penambahan sepasang DRL LED yang mendampingi headlamp. Jenis lampu serupa pun kini teraplikasi di lampu sein - bukan bohlam seperti unit kode produksi 2020.

Jantung mekanik juga alami pengembangan. MT-09 2021 tidak lagi menggendong mesin tiga silinder 847 cc, melainkan membengkak jadi 890 cc. Otomatis output meningkat dari versi sebelumnya. Sekarang dia sanggup melontarkan daya sebesar 120 Hp pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm di 7.000 rpm. Selisih lumayan banyak dari model sbeelumnya dengan pencapaian masing-masing 114 Hp pada 10.000 rpm dan 87,5 Nm di 8.500 rpm.

Ada kemungkinan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memasukkan MT-09 2021 ke sini. MT-09 Edisi 2020 sudah dijual sejak Agustus 2020. Setidaknya YIMM bisa merilisnya akhir tahun ini. Namun bila dilihat dari situasi pandemi yang tak kunjung selesai, bisa jadi kehadirannya mundur hingga tahun depan. Baca lengkapnya di sini.

Italjet Dragster Andrea Dovizioso

Italjet Rekrut Andrea Dovizioso

Sejak Andrea Dovizioso meninggalkan Ducati akhir tahun lalu, dirinya memutuskan untuk vakum balapan di MotoGP. Meski begitu, dia kini punya kesibukan baru. Ia sekarang direkrut oleh Italjet untuk menjadi brand ambassador sekaligus ikut terlibat dalam pengembangan Dragster terbaru.

Dovizioso kini menjadi wajah baru bagi Italjet. Pembalap Italia itu telah menandatangani dan menjalin kerja sama sebagai rider test buat pengembangan skutik Dragster 200 dan 125. Seperti kita tahu, produk tersebut tidak seperti motor bertransmisi otomatis pada umumnya. Dijuluki sebagai unit Urban Superbikes berperforma tinggi dan memiliki desain agresif. Paling menonjol tentu saja bagian rangka yang terekspos.

Memiliki segudang pengalaman di dunia balap motor, dianggap penting untuk menemani tim teknis pengembangan Dragster. Tentu saja, harapannya Dovi bisa memberikan input agar produk dari Italjet bisa memenuhi ekspektasi konsumen. Jadi tak hanya sekadar menjual tampang radikal saja. “Dragster adalah konsentrat energi. Ketika saya pertama kali melihatnya, saya terkesan. Saya senang berkontribusi dengan teknisi untuk pengembangan suku cadang, sistem pengereman, dan mesin. Detailnya membuat perbedaan, dan detail Dragster sangat mengagumkan, tidak seperti yang lainnya di segmen ini,” kata Dovi.

Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan Italjet Dragster. Pertama, berkubikasi 125 cc 4-katup DOHC. Meski bervolume kecil, kemampuannya di atas rata-rata motor sekelas. Ia sanggup mengail tenaga 14,9 Hp di 10.000 rpm dan torsi 12,5 Nm pada 7.750 rpm. Sementara versi 200 cc menghasilkan power sebesar 19,8 Hp pada 8.250 rpm dan torsi 17 Nm pada 6.250 rpm. Keduanya berkonfigurasi satu silinder DOHC 4 klep berpendingin cairan. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor