Street Race Garapan Polisi Siap Digelar di Jakarta Utara 16 Januari 2021, Pembalap Liar Catat Syaratnya

Street Race Garapan Polisi Siap Digelar di Jakarta Utara 16 Januari 2021, Pembalap Liar Catat Syaratnya

Balapan berjatuk Street Race akhirnya bakal digelar oleh pihak Polda Metro Jaya (PMJ) pada 16 Januari 2021 mendatang. Lokasinya sudah ditentukan yakni di lintasan PMJ di Jalan Lodan Raya atau Jalan Inspeksi Kali Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Wacana soal polisi akan memfasilitasi para pebalap liar sebenarnya sudah jadi agenda sejak 2016 silam. Namun baru tahun ini dan di kepemimpinan Kapolda Irjen Pol Fadil Imran akhirnya benar-benar terwujud. Belakangan kasus balap liar berujung kekerasan dan juga mengganggu ketertiban lalu lintas memang tengah jadi sorotan.

Terkait panjang trek, lintasan balap ala PMJ memiliki panjang 1,1 kilometer membentang dari Gerbang Barat hingga Gerbang Timur Taman Impian Jaya Ancol. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, untuk tahap perdana hanya akan 350 pendaftar dan sudah menyiapkan berbagai syarat yang harus dipatuhi.

balap liar Ilustrasi balap liar

Baca juga: Harga Tiket Nonton MotoGP Mandalika 2022 Resmi Dirilis, Mulai Rp100 Ribuan

"Kalau di bawah umur perlu izin orangtua. Ada syarat lainnya yang bisa dilihat secara lengkap melalui link pendaftaran online, salah satunya di bawah usia 17 tahun harus izin orangtua. Kemudian kami siapkan di sini lintasan sepanjang 800 meter, untuk drag race 500 meter dan 300 meter sisanya untuk pengereman," ucap Sambodo dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, Rabu (12/1/2022).

Sementara ada beberapa kelas yang akan dilombakan, setidaknya panitia membuka 7 kelas yakni motor sport dua tak, motor bebek dua tak, motor bebek empat tak, serta kelas Vespa. Belum dijelaskan secara lengkap teknis kendaraan yang boleh ikut balapan, namun Sambodo memastikan jika motor yang sudah dimodifikasi masih diperkenankan untuk ikut.

"Itu opini dari komunitas. Yang modif-modif juga boleh enggak ada masalah, nanti ada tim yang akan menilai," jelasnya.

Sekadar informasi, pendaftaran untuk kegiatan balap buatan Polda Metro Jaya ini sudah dibuka sejak Selasa (11/1/2022) siang dan sistem pendaftaran dilakukan secara daring lewat online travel agent yang sudah ditunjuk kepolisian.

"Kami akan publish dan buka pendaftarannya secara online. Nanti linknya bisa didapatkan di loket.com," katanya.

Tak lupa berbagai fasilitas juga akan disiapkan di lintasan balap nanti mulai dari keamanan, kesehatan, emergency akan disediakan oleh pihak polisi. Sambodo menjelaskan, pemfasilitasan arena balap ini nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dan para pebalap liar dapat dibina sesuai dengan kemampuannya agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. 

Untuk diketahui juga, balapan di ajang Street Race disepakati dalam diskusi antara Polda Metro Jaya dengan berbagai pihak, seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI), Pemerintah Provinsi DKI, hingga mekanik dan rider yang biasa menggelar balapan liar. Diskusi perdana berlangsung pada Desember tahun lalu di Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ). (Kit/Tom)

Baca juga: Federal Oil Bawa Indonesia ke Pentas MotoGP Lewat Gresini Racing

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor