• Wishlist

Lightning Motorcycle Ajukan Hak Paten Motor Listrik Tertutup Atap

Lightning Motorcycle Ajukan Hak Paten Motor Listrik Tertutup Atap

Setelah membuat motor listrik model superbike, Lightning Motorcycle kembali menelurkan inovasi baru. Kali ini kendaraan roda dua yang lengkap dengan penutup seperti mobil. Perusahaan yang berbasis di California itu telah mengajukan hak paten dan mengemasnya dengan wujud serupa tetesan air berwarna biru.

Ini merupakan proyek ambisius yang dilakukan Lightning Motorcycle dalam menciptakan kendaraan masa depan. Perusahaan yang berdiri sejak 2006 sebelumnya telah meluncurkan motor listrik LS-218 atau akrab disapa Lightning Strike. Kuda besi niremisi itu diklaim sebagai superbike bertenaga baterai tercepat di dunia. Dirinya mampu meraih kecepatan maksimal hingga 351 kpj dan sudah diuji di atas lintasan Bonneville salt flats, Utah, Amerika Serikat pada 2012.

Kendaraan yang sedang dalam proses perancangan ini sebetulnya belum dirilis secara resmi oleh Lightning. Tetapi sebagian paten desainnya sudah diajukan ke Cina. Sebenarnya ini hal lazim yang dilakukan oleh perusahaan asal Amerika. Hal itu dimaksudkan sebagai cara untuk menangkal peniru. Dengan data yang valid mengenai hak cipta dan karya intelektual, maka jika ada produk yang melanggar dapat dihentikan bahkan sebelum meninggalkan pelabuhan. Ditambah lagi mereka kini sudah membangun pabrik sejak tahun lalu di sana.

Motor dengan atap tertutup

Gagasan Lightning mengenai sepeda motor listrik tertutup sepertinya tidak mungkin dibuat. Tapi pada kenyataannya, Richard Hatfield, CEO Lightning Motorcycles pernah mengutarakan ambisinya dengan membahas beberapa proyek rahasia yang akan datang kepada electrek. "Selain Strike, kami juga memiliki beberapa proyek lain yang sedang dikerjakan. Model ini sangat aerodinamis dan efisien. Dan belum ada perusahaan yang menggarap dengan serius," katanya seperti dilansir dari situs Electrek.

Baca juga: Pesona Ather 450X, Skutik Elektrik Kompak dengan Segudang Fitur

Kendaraan dengan model seperti yang diajukan Lightning sebenarnya sudah pernah dibuat. Salah satunya perusahaan Swiss Peraves, yang telah menjual sepeda tertutup bernama Ecomobile, MonoTracer, dan MonoRacer sejak 1980-an. Pihaknya membangun secara tradisional menggunakan mesin dari BMW K-series, dan juga telah membuat versi listriknya. Semua model itu sangat mengesankan berkat aerodinamika yang tidak bisa dimiliki oleh sepeda motor konvensional.

Dengan bodi berbentuk tetesan air mata, mampu membelah angin dan membuat kendaraan ini lebih hemat serta efisien dalam penggunaan tenaga dari baterai. Namun sayangnya sampai sekarang belum diketahui teknologi motor yang ada di dalamnya, tapi yang jelas ia sudah bertenaga listrik.

Banyak yang beranggapan kalau cara mengendarainya sama dengan model yang pernah dibuat Swiss Peraves. Di depan terdapat satu kursi untuk pengemudi, lengkap dengan kokpit tertutup dan belakang yang bisa diisi oleh dua penumpang. Yang menjadi pertanyaan, tidak ada petunjuk bagaimana saat sepeda motor itu berhenti atau stabil di kecepatan lambat. Kalau versi dari Peraves terdapat roda kecil yang dapat diperpanjang.

Namun jika bicara masa depan, beberapa tahun terakhir sudah ada yang mengembangkan teknologi self-balancing. Sebut saja perusahaan Lit Motors dengan produk konsepnya C1. Kendaraan itu dapat berdiri walau hanya ada dua roda sejajar, satu di depan dan di belakang. Namun sampai sekarang produk itu masih dalam tahap pengembangan. (Bgx/Tom)

Sumber : Electrek, Cycleworld

Baca juga: Emula Concept e-Bike Bisa Meniru Prilaku Motor Bensin

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store