Kawasaki Siap Rilis Enam Model Baru Bulan Depan

Kawasaki Siap Rilis Enam Model Baru Bulan Depan

Kawasaki menjadwalkan perilisan enam model baru pada 23 November 2020. Portofolio anyar yang dikenalkan merupakan Model Year (MY) 2021. Semua itu terungkap dari video teaser dan gambar yang diunggah oleh Kawasaki Kanada. Kira-kira motor apa saja yang bakal meluncur?

Enam model yang masih tertutup kain hitam itu sebenarnya motor yang sudah ada, tidak sepenuhnya baru. Dalam video berdurasi 30 detik terdapat sedikit teaser yang menunjukkan beberapa jenis kuda besi. Mulai dari segmen trail, dual sport, hingga superbike. Unit yang diprediksi bakal diluncurkan seperti KLX 300, D-Tracker 300, ZX-10R, Z H2 dan KLR 650. Meski belum terkonfirmasi dari pihak Kawasaki, setidaknya ini kabar baik untuk para penggemar motor ‘geng hijau’.

Petunjuk pertama terlihat dari roda yang terlihat seperti jenis motor trail atau dual sport. Meski hanya tampak roda dengan pelek jari-jari, ‘ban tahu’, sedikit pelindung rantai, dan sekilas sambungan suspensi, bagian-bagian itu semuanya cocok untuk KLX 250 -sepeda yang sudah tersedia di jajaran perusahaan. Lalu apa yang baru? menurut Cycleworld itu adalah KLX 300 road legal yang berasal dari motor trail 292 cc, KLX 300R.

Teaser kedua identik dengan model pertama, tetapi yang satu ini bergaya supermoto. Terlihat pada roda jeruji berukuran 17 inci yang lebih kecil. Jika memang ada KLX 300 baru di line up MY2021, maka varian D-Tracker X juga dipastikan datang. Seperti pada teaser berbasis KLX 250, roda, rem, pelindung rantai, dan link suspensi yang mengintip dari bawah penutup sangat cocok dengan D-Tracker X yang ada.

Baca juga: Kawasaki H2R Segera Menemui Ajal, Tahun Ini Produksi Terakhir

Dua model berikutnya yang muncul dalam video Kawasaki merupakan siluet sportbike. Tidak diragukan lagi bahwa mereka adalah ZX-10R dan ZX-10RR generasi berikutnya. Jika dilihat dari dekat, ada beberapa elemen yang identik dengan motor sport 1.000 cc yang ada saat ini. Kedua versi anyar ini sangat logis diberikan pembaruan, pasalnya di kelas ini sedang bersaing ketat merebut pasar. Dari Honda ada CBR1000RR-R dan BMW denngan M 1000 RR.

Selanjutnya, ada motor yang paling menarik dan sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar kawasaki di seluruh dunia, yaitu Z series. Dari teaser itu diilustrasikan dengan bagian cuplikan trek balap, walau bukan replika balapan secara lengkap. Ada dua kemungkinan yang bakal terjadi, pihak pabrikan memberi pengganti Z 1000 atau versi terbaru dari Z H2 Supercharged.

Jika itu adalah Z 1000, mengapa tidak menggunakan model lama untuk gambar teasernya? Knalpot dan roda yang terlihat jelas merupakan bagian dari Z H2 supercharged, bukan Z 1000 yang ada. Kuat dugaan kalau itu versi spesifikasi yang lebih tinggi dari Z H2. Mungkin model SE yang menggunakan perangkat karbon, mengikuti kerangka H2 SX SE +, atau model Ninja H2 Carbon.

KLR650

Motor terakhir dalam video kemungkinan menjadi best seller dari kelompok tersebut. Apalagi kalau bukan pengganti KLR 650. Kuda besi ini boleh dibilang paling laris di benua Amerika. Meski diselubung kain hitam, untuk mengidentifikasinya cukup mudah. Bagian kedua roda dan sepatbor depan panjang menjadi ciri khas yang paling menonjol.

Tapi ada rumor yang mengatakan kalau Kawasaki sedang merancang KLR 700. Banyak yang beranggapan kalau nanti dirinya menggunakan mesin dari Versys 650. Pembaruan itu lebih baik ketimbang mengembangkan model lama. Jika benar terjadi, ia menjadi pesaing terdekat dari Yamaha Tenere 700.

Tentu semua itu hanya sebatas prediksi serta belum ada pernyataan resmi dari pihak kawasaki. Kita harus sabar menunggu hingga 23 November nanti. (Bgx/Tom)

Sumber: Cycleworld, Ride Apart

Baca juga: Kawasaki D-Tracker 150 SE Tersedia Empat Kelir Anyar, Tanpa Kenaikan Harga

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store