Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: PPnBM 25 Persen, Tilang Ganjil Genap dan Recall Suzuki Jimny

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: PPnBM 25 Persen, Tilang Ganjil Genap dan Recall Suzuki Jimny

Pekan ini pemerintah tak lagi memberikan keringanan PPnBM 100 persen. Mulai berlaku diskon hanya 25 persen. Dengan aturan ini, harga mobil yang mendapat kompensasi tentunya juga mengalami perubahan.

OTO.com merangkum daftar harga terbaru dari beberapa APM seperti Toyota dan Wuling. Bagaimana pula tanggapan Gaikindo sebagai organisasi pengusaha otomotif dan para APM terkait aturan baru ini?

Pemerintah DKI Jakarta juga mulai memberlakukan tilang ganjil genap. Penerapan sanksi tilang bagi pelanggar sistem ganjil genap dimulai Rabu (1/9/2021). Sistem ganjil genap untuk membatasi mobilitas masyarakat diberlakukan setelah penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) beberapa waktu lalu. Ada tiga ruas jalan yang diberlakukan peraturan ganjil genap yakni Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Jalan Rasuna Said.

Sementara PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui memberikan status recall kepada Jimny. Masalah yang ditemukan ada pada bagian kabel / wiring set di pintu kanan dan kiri. Berikut ringkasannya.

Low MPV

Daftar Terbaru Harga LMPV

Daftar harga kendaraan di September 2021 mengalami perubahan. Apalagi kalau bukan karena pelaksanaan keringanan pajak. Pada beberapa model yang mendapatkan diskon PPnBM 100 persen harus mengubah harganya untuk menyesuaikan dengan peraturan pemerintah.

Meski masih memberikan kemudahan diskon PPnBM, pemerintah mengurangi jatah yang diberikan. Dari 100 persen kini konsumen hanya mendapatkan diskon PPnBM 25 persen. Model yang cukup banyak menyita perhatian adalah low MPV. Pada segmen ini dihuni nama-nama besar untuk dipilih konsumen dengan ragam desain dan fitur dari masing-masing merek.

Di Toyota ada nama Avanza. Model MPV populer Avanza menawarkan cukup banyak varian mulai dari mesin 1.3 liter dan 1.5 liter, transmisi manual dan otomatis, serta trim GR Sport yang baru saja diperkenalkan. Soal selisih harga, Avanza menjadi lebih mahal sekitar Rp 9 juta sampai Rp 12 juta. Misalnya, varian teratas Veloz AT GR Limited yang bulan lalu ada di harga Rp 247,8 juta kini menjadi Rp 260 jutaan.

Kembaran Avanza, Daihatsu Xenia, menjadi salah satu model LMPV yang bisa dipilih dan mendapatkan diskon PPnBM. Besaran kenaikan harga Xenia dibanding bulan lalu yang masih mendapatkan diskon PPnBM 100 persen dan sekarang 25 persen sekitar Rp 9 jutaan sampai Rp 11 jutaan. Varian yang ditawarkan cukup banyak dengan pilihan mesin 1.3L dan 1.5L serta transmisi manual dan otomatis.

Bagaimana pula dengan harga Mistubishi Xpander, Nissan Livina, Suzuki All New Ertiga, Honda Mobilio, dan Wuling Confero? Baca lengkapnya di sini.

ganjil genap

Tilang Ganjil Genap

Selama pelaksanaan PPKM, yang kembali di perpanjang, pemerintah DKI Jakarta juga menerapkan aturan ganjil genap di beberapa kawasan. Penerapan sanksi tilang bagi pelanggar sistem ganjil genap akan dimulai Rabu (1/9/2021). Ini diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

“Mulai minggu ini kami akan melakukan penindakan tilang baik dengan kamera ETLE, maupun tilang manual apabila ditemukan (pelanggar) secara langsung oleh anggota yang bertugas pada hari itu,” ucap Sambodo dalam keterangannya, Selasa (31/8/2021).

Sistem ganjil genap untuk membatasi mobilitas masyarakat diberlakukan setelah penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) beberapa waktu lalu. Ada tiga ruas jalan yang diberlakukan peraturan ganjil genap yakni Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin dan Jalan Rasuna Said.

Sebelum sanksi tilang diberlakukan, polisi hanya memutar balik pelanggar sistem ganjil genap atau mengarahkan ke jalan lain yang tidak terdapat sistem ganjil genap. Penerapan ganjil genap di Jakarta akan berlangsung hingga 6 September 2021. Waktu pemberlakukan aturan ini masih sama seperti aturan terdahulu yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Aturan ini berlaku untuk kendaraan dengan plat nomor hitam. Ini termasuk taksi online. Pengecualian berlaku bagi angkutan pelat kuning, angkutan dinas operasional, mobil berpelat dinas TNI dan Polri serta kendaraan listrik. Baca lengkapnya di sini.

Suzuki Jimny inden

Recall Suzuki Jimny

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui memberikan status recall kepada Jimny. Hal ini diketahui dari informasi salah satu pemilik Jimny, Julian Johan atau yang kerap disapa Jeje, yang mendapatkan informasi dari komunitas pengguna Jimny.

Jeje yang memiliki akun Instagram Jejelogy dan kerap memberikan informasi seputar dunia otomotif ini mengungkapkan teman-temannya pemilik Jimny mendapatkan pesan dari dealer Suzuki beberapa waktu lalu terkait recall ini. Lantas ia menyambangi dealer Suzuki BSD untuk menanyakan kebenaran informasi tersebut dan ternyata unit miliknya termasuk unit yang kena recall.

Masalah yang ditemukan ada pada bagian kabel / wiring set di pintu kanan dan kiri. Unit Jimny JB74 miliknya kemudian diperbaiki tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. “Para pengguna Jimny dapat melakukan penggantian di dealer mana saja. Persyaratannya hanya membawa buku servis dan STNK. Proses penggantian juga cepat dan pastinya tanpa harus membayar biaya apapun,” tulis Jeje dalam akun Instagramnya.

Masalah kabel ini terletak pada posisinya yang tergencet atau terkelupas akibat gerakan buka tutup pintu secara berulang-ulang. Akibatnya bisa berpengaruh ke power window dan bagian elektrik lainnya di pintu. Jeje sendiri belum mendapatkan masalah apapun terkait kabel di pintu ini. Namun ia beberapa kali terkena setrum statis dari bagian door lock.

Bagaimana tanggapan pihak Suzuki? Baca selengkapnya di sini. (Raju)

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil