Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Pendanaan CarDekho, GIIAS 2021, dan Mobil Listrik

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Pendanaan CarDekho, GIIAS 2021, dan Mobil Listrik

Perusahaan e-commerce untuk jual beli mobil baru dan bekas yang berbasis di India, CarDekho, berhasil mencapai status perusahaan unicorn dalam hal pendanaan. Perusahaan induk dari Oto.com ini berhasil mendapatkan pendanaan Seri E dengan estimasi mencapai US$ 250 juta yang dipimpin LeapFrog Investments. Total nilai valuasi perusahaan yang bermarkas di Jaipur tersebut kini mencapai US$ 1,2 miliar.

Setelah ditunda sebanyak dua kali, pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) mendapat kepastian hadir pada 11-21 November 2021 mendatang. Kepastian ini disampaikan penyelenggara GIIAS 2021 dalam keterangan resmi Senin (11/10/2021). Dalam kurun waktu satu bulan ke depan panitia dan peserta bersiap untuk penyelenggaraan GIIAS yang bakal memamerkan produk serta teknologi terkini di industri otomotif Indonesia.

Cardekho

CarDekho Dapat Suntikan Dana US$ 250 Juta

Perusahaan e-commerce untuk jual beli mobil baru dan bekas yang berbasis di India, CarDekho, berhasil mencapai status perusahaan unicorn dalam hal pendanaan. Perusahaan induk dari Oto.com ini berhasil mendapatkan pendanaan Seri E dengan estimasi mencapai US$ 250 juta yang dipimpin LeapFrog Investments.

Perusahaan rintisan yang sudah beroperasi selama 14 tahun ini mengungkapkan telah berhasil mengumpulkan dana baru sekitar US$ 250 juta yang terdiri dari modal sebesar US$ 200 juta dan utang sebesar US$ 50 juta. Dengan tambahan ini, total nilai valuasi perusahaan yang bermarkas di Jaipur tersebut, kini mencapai US$ 1,2 milyar.

Selain LeapFrog Investment, terdapat tambahan investor seperti Canyon partners, Mirae Asset, Franklin Templeton, Harbor Spring Capital. Selain itu masih ada investor yang sudah ikut sebelumnya yakni Sequoia Capital India dan Sunley House yang disebut CarDekho sebagai pre-IPO.

Sebagai salah satu perusahaan rintisan awal di India, CarDekho telah mengembangkan sayap usahanya ke lebih dari 100 pasar di seluruh dunia. Layanan CarDekho tidak hanya penjualan dan pembelian namun juga ke layanan pembiayaan terutama kredit kendaraan. Selain itu layanannya mencakup asuransi yang disertakan saat pembelian kendaraan. CarDekho telah bekerja sama dengan lusinan lembaga pembiayaan dan asuransi kendaraan yang menawarkan berbagai tawaran menarik.

Di Indonesia, CarDekho hadir melalui website Oto.com. Situs ini diluncurkan pada Maret 2015 dengan tujuan memberikan informasi paling relevan mengenai mobil yang tersedia pada satu tempat. Oto.com telah meluncurkan aplikasi Android dan iOS untuk Indonesia dengan nama aplikasi Oto App. Selain menawarkan jual beli kendaraan, baik mobil motor maupun niaga, Oto.com juga menawarkan informasi otomotif melalui berita, test drive serta review produk secara lengkap. Baca berita lengkapnya di sini.

pameran otomotif

GIIAS 2021 Berlangsung 11-21 November

Setelah ditunda sebanyak dua kali, pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) mendapat kepastian hadir pada 11-21 November 2021 mendatang. Kepastian ini disampaikan penyelenggara GIIAS 2021 dalam keterangan resmi Senin (11/10/2021). Dalam kurun waktu satu bulan ke depan panitia dan peserta bersiap untuk penyelenggaraan GIIAS yang bakal memamerkan produk serta teknologi terkini di industri otomotif Indonesia.

“Kami sangat semangat menuju GIIAS di November ini, untuk terus mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah menggeliat bangkit dengan perpanjangan PPNBM DPT, jadi dengan hadirnya GIIAS Kami harap semakin meningkatkan gairah masyarakat,” ujar Yohannes Nangoi Ketua Umum GAIKINDO dalam keterangannya.

Pameran GIIAS 2021 akan menjadi tempat untuk menghadirkan produk dan inovasi terkini industri otomotif Indonesia. Sebanyak 24 merek kendaraan termasuk penumpang dan komersial akan hadir di pameran ini serta peserta dari industri pendukung otomotif lainnya.

Puluhan merek termasuk jajaran kendaraan penumpang; Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial, Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania akan mengisi area pamer Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Kab. Tangerang.

Bagaimana persiapan panitia? Baca lengkapnya di sini.

Presiden RI Joko Widodo groundbreaking pabrik baterai

Keyakinan Mobil Listrik

Pemerintah Indonesia sangat yakin dalam waktu dekat, Indonesia akan menjadi habitat yang nyaman untuk kendaraan listrik. Produk-produk kendaraan listrik akan mudah ditemukan dan bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Bahkan, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan, Indonesia bisa menjadi pusat produksi mobil listrik. Penerawangan ini bukan main-main sebab yang mengungkapkannya adalah orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo.

“Nanti bapak ibu bisa lihat dua atau tiga tahun lagi yang namanya mobil listrik akan mulai bermunculan di negara kita,” ucap Jokowi saat memberikan arahan dalam acara peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Thaun 2021 Lemhannas RI di Istana Kepresidenan, Rabu (13/10).

Jokowi menekankan pada nilai tambah dari sumber daya alam Indonesia yang luar biasa besar untuk tidak lagi hanya berupa bahan mentah. Nilai tambah dalam bahan mentah akan meningkatkan nilai dan nantinya berimbas pada peningkatan daya saing bangsa serta kemampuan industri yang diperhitungkan di pasar global.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tertanggal 8 Oktober juga sudah diungkapnya prinsip dan peta jalan pemerintah mencapai Net Zero Emission (NZE). Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai NZE pada 2060 atau lebih cepat.

Khusus untuk kendaraan listrik, pemerintah Indonesia menargetkan pada 2040 tidak akan ada lagi penjualan sepeda motor bermesin konvensional. Berlanjut di tahun 2050, tidak ada lagi penjualan mobil konvensional. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil