Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 dan HUT ke-50 Tahun Toyota

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 dan HUT ke-50 Tahun Toyota

Pameran otomotif pertama dalam kurun waktu setahun akhirnya terlaksana juga. Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 dilangsungkan 15-25 April 2021. Pelaksanaan secara hibrida yaitu offline di JIExpo Kemayoran Jakarta dan online lewat laman https://indonesianmotorshow.com/.

Pelaksanaan IIMS Hybrid ini juga menjadi istimewa bagi Toyota karena merayakan 50 tahun keberadaannya di Indonesia. Toyota Astra Motor sebagai pemegang mereka Toyota hadir dengan berbagai model termasuk unit elektrifikasi. Juga ada Wuling yang memberikan subsidi bagi Almaz, Almaz RS, dan Cortez CT Series. Berikut rangkumannya.

Honda IIMS 2021

IIMS Hybrid 2021

Setelah beberapa kali diundur, akhirnya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 resmi dibuka, Kamis (15/4/2021) kemarin. Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ini merupakan bagian dari event hybrid yang juga terlaksana di situs resmi mereka. Tampilkan deretan produk kendaraan roda empat, roda dua, aftermarket, hingga aktivitas lainnya mulai 15 hingga 25 April 2021.

Acara pembukaannya sendiri dihadiri langsung secara virtual oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. "Melalui penyelenggaraan pameran ini, reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional," jelas Jokowi.

Gelaran yang berlangsung selama sebelas hari ini tentu telah mengantongi izin dari pemerintah. Dalam pelaksanaan kegiatan offline, Dyandra Promosindo sebagai promotor acara pun akan mengaplikasikan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environmental Sustainability). Paling utama yakni membatasi kapasitas pengunjung. Jadi hal mutlak demi memenuhi protokol kesehatan.

Banyak program dan promo yang disiapkan. Pengunjung dapat melihat langsung produk gres serta menyaksikan penampilan perdana beberapa model teranyar. Yep, dihadiri berbagai merek ternama. Untuk roda empat ada BMW Indonesia yang tampilkan produk dari BMW dan Mini. Mayoritas jenama asal Jepang hadir seperti Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi. Selain itu para, kontestan lain seperti Jeep, Renault, MG, DFSK, Wuling, dan Fin Komodo turut meramaikan. Tak ketinggalan kehadiran Importir Umum, Prestige Motorcars.

Jangan khawatir bila sedang mengincar produk roda dua. Para nama kesohor dan pemain baru hadir. Sebut saja Astra Honda Motor, Benelli, Husqvarna, Italjet, KTM, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, Yamaha, dan Velocifero. Tak masalah juga kalau mengincar produk aksesori dan aftermarket Dihadiri oleh puluhan merek aftermarket ternama.

Sementara itu pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 ini menunjukkan jika industri otomotif segera bangkit usai dihantam pandemi Covid-19. Sektor ini diharapkan bisa kembali menyerap banyak tenaga kerja, menggerakkan sektor UMKM. Kemudian meningkatkan ekspor ke pasar global.

”Jadi, keterlibatan sektor UMKM dalam rantai pasok harus ditingkatkan. Kemudian nilai tambah untuk ekonomi nasional juga harus menjadi prioritas. Serta mendorong penyerapan tenaga kerja lokal maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat,” papar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Baca lengkapnya di sini.

Toyota IIMS Hybrid 2021

HUT ke-50 Tahun Toyota

Toyota Indonesia menggunakan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid untuk merayakan usianya yang ke-50 tahun. Di ajang yang berlangsung di JIExpo Kemayoran 15-25 April 2021, Toyota memboyong semua teknologi terbaiknya. Dari model yang dijual saat ini hingga mobil elektrifikasi.

Di Tanah Air, Toyota menjadi yang terdepan dalam urusan teknologi elektrifikasi. Sebagai bentuk realisasi dari komitmen tersebut, pada ulang tahun yang ke 50 ini, Toyota menghadirkan ekowisata yang terintegrasi dengan produk–produk elektrifikasi Toyota melalui project EV Smart Mobility di Bali. Terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Di IIMS Hybrid 2021, secara khusus pada hari pertama, Toyota menghadirkan 10 unit kendaraan elektrifikasi dengan berbagai teknologi seperti Toyota COMS dan Toyota C+pod yang berbasis BEV, yang juga telah digunakan untuk mendukung program EV Smart Mobility di Nusa Dua Bali. Kemudian C-HR HEV, Corolla Cross HEV, Corolla HEV dan Camry HEV yang berbasis teknologi HEV, serta Toyota Prius yang berbasis PHEV.

Selain itu, secara khusus pada penyelengaraan IIMS 2021, di booth Toyota juga ditampilkan Kijang Innova limited edition yang diluncurkan sebagai bagian dari perayaan HUT ke-50 Toyota Indonesia. Edisi khusus ini tampil dengan warna White Pearl dengan balutan sticker berwarna emas sebagai lambang 50 tahun kehadiran Toyota Indonesia. Sticker ini didesain khusus dengan motif yang menggambarkan perjalanan Toyota Kijang dari Generasi 1 sampai Generasi 6 saat ini.

Pada public day IIMS 2021 yang berlangsung dari 16-25 April, di area booth seluas 952 m2 di Hall D1 JIExpo, Toyota menghadirkan tidak kurang dari 11 unit kendaraan dari berbagai segmen seperti MPV, SUV, hatchback, sedan, dan lain-lain.

Hadir berbagai special sales dan aftersales program. Apa saja? Lengkapnya simak dan baca di sini.

Wuling IIMS hybrid 2021

Wuling Subsidi Almaz dan Cortez CT Series

Wuling tampil komplet di palagan IIMS Hybrid 2021. Booth mereka di hall D JIEXpo, diisi semua produk jagoan saat ini. Mulai dari Wuling Cortez, Almaz hingga model gres New Confero S dan sekaligus perkenalan Almaz RS ke publik. Pengunjung pun bisa mencoba semua di arena test drive yang khusus disediakan.

“Dengan konsep Hybrid Exhibition Experience yang digagas di IIMS 2021, kami turut serta membawakan beragam produk dan inovasi terdepan dari Wuling dalam tema ‘New Era New Experiences with Wuling'. Dengan semangat Drive For A Better Life, kami merepresentasikan komitmen kami untuk menjadi adaptif dalam menyajikan pengalaman baru melalui beragam produk dan promo menarik yang sayang dilewatkan pengunjung.” ujar Brian Gomgom, Media Relations Wuling Motors.

Tampil di area seluas 868 m2 di booth D9, Hall D, JIExpo, Kemayoran, Wuling menyajikan beragam pilihan produk bagi pengunjung pameran baik langsung di JIExpo maupun secara online. Sebanyak 10 unit display dihadirkan di booth Wuling yang terdiri dari New Confero S ‘The Real Spacious Family MPV’ dan seri Cortez CT ‘The New Advanced MPV’ untuk segmen MPV.

Di lini SUV, Seri Almaz pun turut hadir sebagai lini yang dipamerkan yang terdiri dari Almaz ‘Drive Unlimited Way’ dengan inovasi Wuling Indonesian Command (WIND) serta flagship model terbaru Almaz RS dengan tambahan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) melengkapi jajaran kendaraan andalan dari Wuling.

Ada pengumuman penting diutarakan pria yang akrab disapa Gomgom. Berupa daftar baru subsidi harga on-the road spesial dari Wuling untuk Almaz Series dan Cortez Series. Jika sebelumnya diskon diberikan untuk lini Almaz RS saja, kini juga didapat semua model Wuling. Tapi ingat, potongan harga berlaku April ini saja.

Tak ketinggalan juga banyak promo dan hadiah menarik di keikutsertaan Wuling selama IIMS Hybrid 2021. Bertepatan bulan suci Ramadhan, tentu ada banyak penawaran menarik. Program Ramadhan Wuling Berkah, bisa dinikmati pengunjung booth atau lewat virtual. Apa saja promonya? Lalu berapa harag subsidi Almaz dan Cortez? Baca lengkapnya di sini(Raju)