Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: i-Smat MG HS, Pabrik Baterai Mobil dan Pemesanan HR-V

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: i-Smat MG HS, Pabrik Baterai Mobil dan Pemesanan HR-V

Rangkuman selama sepekan ini datang dari domestik mapun global. Yang pertama, untuk bertarung dengan Almaz RS di Tanah Air. MG HS sekarang dibekali perangkat i-Smart dengan tiga bagian fungsi. Kemudian Indonesia Battery Corporation (IBC) dan Konsorsium LG siap bangun pabrik baterai skala besar di Kawarang dalam waktu dekat. Lalu berita terakhir, usai diluncurkan di Jepang suksesor HR-V (Vezel) langsung mendapat pemesanan tinggi. Simak ikhtisar berikut.

First Drive MG HS Magnify i-Smart

MG HS i-Smart

Ada kabar penambahan varian baru pada MG HS. Boleh jadi datang menduduki posisi strata tertinggi. Tentu tambahannya adalah fitur konektivitas kendaraan dengan gawai, i-Smart. Ini memungkinkan gawai terhubung dengan kendaraan demi memberikan pengalaman berkendara mutakhir melalui sinergi Artificial Intelligence. Fungsi utama terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah Smart Check untuk mendiagnosa status kendaraan.

Lalu mengendalikan fungsi fitur (remote control), sampai menjaga keamanan mobil via geofencing – memberikan ‘pagar’ digital agar dapat segera diketahui ketika mobil menembus batas wilayah. Selanjutnya, sisi kecanggihan diramaikan pula kemampuan Smart Command. Bagian ini memungkinkan pengguna kendalikan peranti kendaraan lewat komando verbal. Misal AC, radio, jendela, sunroof, dan sebagainya. Smart Command bisa juga dimanfaatkan untuk merencanakan rute sebelum melakukan perjalanan. Tak kalah canggih adalah paket Smart Connect. Sajikan layanan konektivitas berbasis internet seperti aplikasi di dalam sarana hiburan, navigasi, pemutar musik, hingga saran perjalanan secara daring. Sistem ini mampu di-upgrade mandiri dimanapun dan kapanpun.

Tak hanya itu, sempat dijelaskan pula kehadiran teknologi asisten berkendara aktif atau ADAS (Advanced Driving Assist System). Berfungsi meringankan beban mengemudi untuk menjaga laju dan arah dalam satu jalur. Pos penjaga posisi Lane Assist System diisi Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, dan Lane Keep Assist. Sementara itu, asisten melaju ke depan yang aman disokong Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, dan Forward Collision Warning. Semntara itu, area belakang dan blind spot dibantu pemantau seperti Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, dan Door Open Warning.

Kelengkapan sebanyak itu sangat berpotensi membuat HS tampil semakin atraktif. Pun besar kemungkinan tetap jadi opsi SUV besar alternatif dari pilihan arus utama seperti Honda CR-V, X-Trail, dan lainnya. Yep, memang tidak terdengar asing, kelengkapannya terdengar seperti kepunyaan Wuling Almaz RS. Tapi semua itu baru sebatas prediksi. Untuk lebih jelasnya, kita lihat saja dalam waktu dekat akan sehebat apa MG HS berteknologi i-Smart ini. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern

Nissan Leaf Nissan Leaf

Pabrik Baterai Mobil

Sebentar lagi Indonesia memiliki pabrik baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat. Hal ini diungkap Kementerian Investasi. Fasilitas produksi di Deltamas ini dimiliki PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) dan Konsorsium LG asal Korea Selatan. Jika tak ada aral melintang, direncakan proses groundbreaking dilakukan dalam waktu dekat. Dengan investasi ratusan triliun, pembangunan tahap pertama kapasitas produksi baterai mencapai 10 gigawatt hour (GWh).

Groundbreaking ini merupakan tindak lanjut penandatanganan Head of Agreements (HoA). Atau kesepakatan pokok proyek investasi baterai antara PT Industri Baterai Indonesia dengan Konsorsium LG pada bulan lalu. Adapun total dana segar untuk baterai listrik pertama di Indonesia itu mencapai US$ 9,8 miliar. Angkanya kalau dicairkan sekitar Rp 140 triliun. Kelak, Industri sel baterai kendaraan elektrik ini terintegrasi dengan fasilitas penambangan, peleburan (smelter), pemurnian (refining) serta industri precursor dan katoda.

Menurut mereka, fasilitas produksi baterai listrik ini bakal menjadi yang pertama di Asia. Bahkan di dunia. Berdasar pengakuan Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi atau Kepala BKPM. Pembangunan hilirisasi industri pertambangan logam ini tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun membutuhkan proses panjang dan tidak mudah. Sebab rencana itu melibatkan berbagai stakeholder. Baik di dalam maupun luar negeri.

"Setelah melalui proses panjang, kami bersyukur proses groundbreaking ini akhirnya bakal segera dimulai. Pekerjaan ke depan akan semakin besar untuk membangun industri baterai yang terintegrasi di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus mengawal proses ini. Dan memohon dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan industri baterai listrik di Indonesia yang terintegrasi. Serta berorientasi pada ekspor," ucap Bahlil Lahadalia. Baca selengkapnya di sini.

Honda HR-V 2022

Pemesanan HR-V

Generasi terbaru Honda Vezel, atau familier sebagai HR-V di Indonesia langsung diserbu peminat. Sebulan usai melakukan perilisan di Jepang, ia sontak dipesan sejumlah 32 ribu unit di pasar Jepang. Animo ini meningkat drastis dari penjualan bulanan, setelah sang pembaruan tiba. Bahkan model yang paling banyak diburu e:HEV, bukan trim berjantung mesin bensin konvensional.

“Pemesanan secara kumulatif untuk Vezel yang baru dirilis pada 23 April 2021. Angka melebihi 32.000 unit pada 24 Mei, sekitar satu bulan setelah dirilis. Jumlahnya lebih dari enam kali lipat dibanding rencana penjualan bulanan (target penjualan 5.000 unit per bulan). Itu awal yang bagus,” tulis rilis resmi Honda Motor Co., Ltd.

Kalau diurai lebih perinci, varian e:HEV mengantongi 93 persen pemesanan. Tipe Vezel X 5 persen, Play 12 persen dan Z sebesar 76 persen. Sisanya dengan pemacu mesin bensin, trim G hanya diminati 7 persen. Kemudian komposisi gerak depan (FWD) dipesan 81 persen dan 4WD cuma 19 persen. Kemudian yang tak kalah menarik kesukaan pada pilihan warna. Platinum White Pearl 33 persen, Crystal Black Pearl 18 persen, Premium Sunlight White Pearl 17 persen. Lanjut Premium Sunlight White Pearl & Black 6 persen, Sand Khaki Pearl & Black 4 persen dan Midnight Blue Beam Metallic & Silver 1 persen.

Vezel berpijak pada susunan rangka anyar. Formulasi Honda Architecture merupakan bahasa penyempurnaan pada keluaran produk baru. Ia memiliki pola guratan kisi-kisi anyar. Menurut pabrikan, itu menambahkan kesan tangguh serta bentuk bodi dengan kap mesin panjang. Lalu bagian sisi dibentuk lebih tajam juga vertikal. Honda memikirkan bagaimana cara membuat mobil aman, nyaman dan stabil. Penumpang baris kedua bisa semakin leluasa berkat imbuhan ruang kaki. Baca selengkapnya di sini. (Alx/Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil