Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Harga Baru Wuling, Toyota, dan Recall Honda

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Harga Baru Wuling, Toyota, dan Recall Honda

PPelaksanaan keringanan PPnBM, memasuki tahap kedua. Kini pembeli mobil, ada 29 model dari mesin 1.500 - 2.500 cc, mendapat relaksasi pajak kendaraan sebanyak 50 persen. Pekan ini Wuling mengumumkan kehadiran dan harga baru Confero. Mereka juga memberikan harga khusus bagi Almaz RS, Almaz, dan Cortez.

Harga baru produk-produknya juga diumumkan Toyota. Pembelian model-model pabrikan berlogo T itu kini masih di bawah harga seharusnya. Toyota juga mengumumkan kehadiran edisi terbaru MPV Premium Alphard dan Vellfire.

Selain Toyota, ada beberapa model baru yang diuncurkan dalam pekan ini. Mercedes-Benz Indonesia meghadirkan dua model yang dirakit di pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Keduanya adalah A-Class sedan dan SUV GLA.

MG Motor Indonesia menambah keluarga HS dengan menghadirkan HS Mafnify i-Smart. Selain ada peningkatan konektivitas, model ini juga dibekali teknologi Advanced Driving Assistance System (ADAS) dalam paket MG Pilot.

Sementara Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan update jumlah unit teridentifikasi untuk Program Pemanggilan untuk perbaikan (Recall) komponen Fuel Pump pada beberapa model mobil Honda di Indonesia. Ini merupakan lanjutan dari program recall yang telah diumumkan sebelumnya dan berjalan sejak tahun 2020 lalu. Hampir 100 ribu unit yang terdiri dari 9 model yang masuk dalam program ini.

New Confero 2021 New Confero 2021

Harga Baru Wuling

Resminya Wuling Motors hanya mendapat satu jatah keringanan PPnBM dari pemerintah yaitu Confero. Pabrikan tak mau kehilangan momentum keringanan pajak ini. Wuling juga memberikan subsidi setara PPnBM bagi model-model lainnya. Ada tiga model yang masuk program ini yaitu Almaz RS, Almaz Series dan Cortez CT Series. Bedanya, kali ini besaran subsidinya adalah 50 persen. Sehingga harga ketiganya sedikit naik dibandingkan bulan sebelumnya.

Sebelumnya, dengan skema subsidi PPnBM 100 persen, harga sempat turun antara Rp 10 - Rp 15 jutaan April lalu. Tapi kini, selisih antara harga on-the-road dan harga subsidi memang tak sebesar dulu. Kini terpangkas sekitar Rp 5 - Rp 6 jutaan saja.

Michael Budihardja selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors mengatakan subsidi PPnBM kepada ketiga produk ini dilakukan untuk semakin memberikan kenyamanan bagi konsumen untuk memiliki lini produk dari Wuling dan turut serta dalam pemulihan ekonomi di tengah masa pandemi saat ini. Subsidi tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan untuk menggerakan segmen produk Wuling di pasar otomotif Indonesia.

Di saat yang bersamaan, diam-diam Wuling memperkenalkan anggota terbaru mereka yakni varian Confero yang paling polosan. Ia muncul menyusul kedatangan Confero S sekaligus langsung mejeng di jilid kedua relaksasi PPnBM. Jadi opsi trim terendah tentu harganya paling murah. Diniagakan seharga Rp 150,8 juta (OTR Jakarta).

Pembaruan yang terjadi kurang lebih menitikberatkan pada ubahan eksterior saja. Kini ia mengusung grille depan bernuansa hitam dan diapit sepasang lampu baru bergaya smoked headlamp. Selain revisi patron grille dan jeroan lampu, Confero standar ini masih terlihat sangat mirip seperti saat pertama berkenalan. Bahkan seni pahat bumper pun tidak berubah sampai ke desain dop penutup pelek kaleng. Baca lengkap soal Confero baru di sini.

Toyota Raize

Harga Baru Toyota di Relaksasi PPnBM Tahap Kedua

Tahapan relaksasi PPnBM untuk mobil dengan kubikasi ruang bakar kurang dari 1.500 cc memasuki periode kedua mulai Juni. Tidak lagi digratiskan, kini potongannya berkurang menjadi sebesar 50% dari pengenaan tarif sampai Agustus 2021. Beberapa APM pun menyesuaikan harga jajaran mereka yang berhak atas keringanan.

Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) yang produknya mendominasi daftar penerima relaksi PPnBM. Khusus kriteria model dengan kubikasi mesin kurang dari 1.500 cc sendiri terdaftar enam nama. Menawarkan harga lebih rendah. Termasuk di dalamnya Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush, dan si pemain baru Raize termasuk opsi variannya.

Vios tetap menjadi kontestan dengan potongan tertinggi. Wajar saja, tarif PPnBM untuk sedan sampai 30% ketimbang jenis minibus yang hanya 10%. Pada periode kedua ini, tipe terendah E M/T dilego Rp 282,5 juta. Sisanya, tipe G dipasarkan Rp 300,1 atau Rp 314,5 juta tergantung transmisi. Kalau dihitung, penurunannya sejauh Rp 30 jutaan dari sebelum seluruh diskon berlaku.

Ada dua opsi MPV Toyota yang saat ini bisa Anda pinang dengan tebusan lebih rendah selama masa serba-anomali ini. Mobil tempur sejuta umat Avanza – termasuk Veloz – memiliki rentang baru antara Rp 194,2 juta sampai Rp 247,55 juta. Di jajaran SUV, Rush dijajakan TAM dari Rp 249,6 sampai 272,93 juta.

Sebagai catatan, seluruh harga sudah berstatus OTR DKI Jakarta. Dengan masa berlaku relaksasi PPnBM sampai Agustus 2021, ekspektasikan terdapat perubahan lagi di masa mendatang. Juga jadi perhatian, diskon akan turut menyesuaikan bila penerimaan unit melewati tenggat akhir periode kedua kebijakan relaksasi.

Pekan ini, Toyota juga memperbaharui tampilan MPV Luxury mereka yaitu New Alphard dan New Vellfire. Toyota memberi sentuhan baru dengan dua titik fokus. New Vellfire mendapat tampilan baru yang lebih sporty. Kemudian juga fitur keselamatan yang lebih advance baik pada New Alphard maupun pada New Vellfire. Baca ubahan lengkap Alphard dan Vellfire di sini.

Baca juga: Relaksasi PPnBM Tahap Kedua, Segini Harga Baru Toyota yang Terima Keringanan

Honda Bengkel

Recall Honda

Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan update jumlah unit teridentifikasi untuk Program Pemanggilan untuk perbaikan (Recall) komponen Fuel Pump pada beberapa model mobil Honda di Indonesia. Ini merupakan lanjutan dari program recall yang telah diumumkan sebelumnya dan berjalan sejak tahun 2020 lalu. Hampir 100 ribu unit yang terdiri dari 9 model yang masuk dalam program ini.

Dalam keterangan resminya disebutkan jumlah unit yang teridentifikasi dalam Update program Recall kali ini adalah sebanyak 94.443 unit. Adapun model yang teridentifikasi dalam program ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model 2019.

Tahun lalu, pada bulan Juli, HPM mengumumkan recall untuk sebanyak 85.025 unit mobil Honda di Indonesia untuk model yang sama, namun produksi tahun 2017 sampai 2019. Kini, setelah penyelidikan lebih lanjut, jumlahnya bertambah menjadi 94.443 unit untuk model tahun 2019. Jadi secara total kini sudah sebanyak 179.468 unit mobil Honda yang harus dilakukan pergantian fuel pump.

Kampanye penggantian komponen Fuel Pump akan dimulai tanggal 4 Juni 2021. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai Program Pemanggilan untuk perbaikan (Recall) Honda dan kendaraan yang teridentifikasi dapat dilihat pada link https://www.honda-indonesia.com. Apabila kendaraan konsumen telah berpindah tangan, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-1446-632 dari Senin – Jumat, pukul 08.30 s/d 17.30 WIB. Baca lengkapnya di sini. (Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil