• Wishlist

Top 3 Berita Minggu Ini: Chevrolet Captiva Pensiun, Mazda3 Baru dan Spesifikasi Honda PCX Elektrik

Top 3 Berita Minggu Ini: Chevrolet Captiva Pensiun, Mazda3 Baru dan Spesifikasi Honda PCX Elektrik

Di industri otomotif juga berlaku siklus. Artinya, selalu ada kendaraan baru lahir, dijual dan ada juga berhenti diproduksi. Pekan ini, Mazda3 terbaru lahir dengan segenap peningkatan. Di sisi lain, Chevrolet Captiva resmi pensiun di Indonesia. Sementara Honda PCX berjantung elektrik, mulai dipasarkan. Berikut tiga pilihan topik hangat sepekan ini.


Chevrolet Captiva Pensiun Dini



SUV Chevrolet Captiva harus pensiun dini di Indonesia. Diakui oleh pihak General Motors Indonesia, Captiva tidak lagi disertakan dalam portofolio mereka. Itu lantaran angka penjualannya tidak memenuhi ekspektasi. Dari data penjualan Gaikindo, wholesale selama 10 bulan, hanya 71 unit Captiva tersalurkan. Dua unit untuk varian 2.4 AT bensin, selebihnya 2.0 AT diesel.


Belum dikonfirmasi mengenai model yang akan mengisi kekosongan bangku Captiva. Namun dari indikasi global, bisa jadi Wuling SUV yang direncanakan lahir tahun depan, bakal memakai platform Captiva. Indikasinya dari pasar Amerika Serikat. Di sana, GM menjual Captiva yang merupakan hasil rebadge atau ganti logo dari Baojun 530. Benarkah Wuling SUV bakal menggantikan Captiva di Indonesia? Baca selengkapnya di sini.


Mazda3 Generasi Baru, Ganteng dan Canggih



Berita gembira datang dari manufaktur Mazda. Selubung mobil baru Mazda3 akhirnya dibuka. Isinya, Mazda3 sepenuhnya baru dengan bentuk hatchback dan sedan. Tak cuma penampilan, fitur dan dapur pacu juga lebih modern. Bahkan hadir pilihan mesin Skyactiv-X yang selama ini giat dikampanyekan Mazda.


Desain Mazda3 baru memakai bahasa Kodo generasi kedua. Konsepnya lebih bersih, lekukan halus dan mengalir serta kuat karakter sporty-nya. Itu juga berlaku di kabin. Desain interior minimalis tapi dinamis, dengan kemewahan khas Mazda. Mendukung performa, platform baru yang menawarkan kenikmatan berkendara lebih tinggi. Variasi pilihan mesin ditawarkan, bensin dan diesel, dengan kasta paling tinggi Skyactiv-X. Yang menarik lagi, ada opsi transmisi manual 6-speed dan sistem gerak empat roda AWD. Ingin tahu lebih lengkap soal si ganteng Mazda3 baru? Baca di sini.


Honda PCX Elektrik Resmi Dijual


Honda PCX Front Angular


Honda PCX dengan jantung elektrik akhirnya resmi dipasarkan. Perdana untuk pasar Jepang, sedang Asia Tenggara segera menyusul. Disayangkan, belum dipaparkan harga jualnya. Untungnya, spesifikasi detail ikut dirilis ke pasar.


Data spesifikasi, motor listrik EF01M pada PCX elektrik menghasilkan 5,7 PS. Angka itu jauh lebih kecil dari PCX bermesin konvensional 150 cc dengan tenaga 14,7 PS. Sedang torsinya mencapai 18 Nm pada 500 rpm. Ya, torsi maksimal sudah tersedia di putaran 500 rpm. Artinya, seperti kebanyakan kendaraan elektrik, PCX elektrik punya respons akselerasi sangat sigap. Bagaimana dengan performa di jalan dan detail fiturnya? Sila intip di sini. (Tom/Odi)


Baca Juga: Honda HR-V 1.5 Turbo Dipasarkan di Eropa Tahun Depan