• Wishlist

Siap-siap, Besok Suzuki XL7 Meluncur di Indonesia

Siap-siap, Besok Suzuki XL7 Meluncur di Indonesia

Akhir pekan ini, Suzuki meluncurkan mobil barunya untuk pasar Indonesia, yaitu Suzuki XL7. Model baru ini dipastikan resmi meluncur pada 15 Februari 2020, menambah line-up produk Suzuki di Indonesia. Hal tersebut bisa dipastikan dengan telah masuknya sebuah undangan ke redaksi kami, menyebut akan adanya peluncuran produk baru oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Menurut sejumlah bocoran dan spyshot yang beredar belakangan, besar kemungkinan XL7 yang akan diluncurkan besok. Apalagi, ada sebutan SUV dalam undangan yang kami terima.


XL7 konon menjadi model SUV terbaru Suzuki, yang dibangun menggunakan basis dari Ertiga generasi terkini. Produk ini sudah lebih dulu meluncur di India tahun lalu, dengan nama sebagai Maruti XL6. Jenis sama, hanya berbeda angka pada nama. Lantaran di India jumlah kursi di kabin ada enam (6-seater) dengan baris tengah captain seat. Sedang XL7 berkonfigurasi 7-seater.


Suzuki Ertiga cross / XL7


Suzuki sepertinya ingin memperluas segmen produknya melalui XL7 ini, sekaligus mengisi celah antara Ertiga dan SX4 S-Cross. Wajar, lantaran Suzuki tak punya produk jualan dengan segmen SUV, kecuali Jimny yang agak eksklusif dengan inden bertahun-tahun. Selain itu, kompetitor rata-rata punya pemain untuk LSUV 7-seater.


Baca Juga: Mengamati Suasana Ring Tinju Suzuki XL7, Siapa Saja Rivalnya?


Soal harga yang akan ditawarkan, kabarnya bakal tidak kalah menarik jika disandingkan dengan Ertiga sebagai saudara sebasisnya. Dari beberapa sumber yang kami rangkum, XL7 disebut akan dipasarkan dengan harga tidak sampai Rp 270 juta (On The Road Jakarta). Kalau benar, tentu sangat atraktif di pasar. Mengingat posisi produk sebagai sebuah SUV / crossover, bukannya Low MPV.


Dipastikan XL7 bakal berhadapan langsung dengan Honda BR-V yang merupakan versi crossover SUV dari Mobilio dan Toyota Rush - Daihatsu Terios. Tentu bisa juga diadu langsung dengan Mitsubishi Xpander Cross, kendati ia dianggap kelas MPV oleh pabrikan.


Kalau melirik spesifikasi untuk pasar India, model ini sama dengan Ertiga yang berbekal mesin bensin empat silinder 1,5 liter berkode K15B. Di atas kertas, tenaganya mencapai 103 hp dan torsi 138 Nm. Untuk sistem transmisi, bisa dipastikan tersedia pilihan manual dan otomatis konvensional.


Bocoran Suzuki XL7 Indonesia 2020


Tidak hanya untuk pasar Indonesia, XL7 produksi Tanah Air juga diharapkan jadi produk ekspor ke sejumlah negara lain seperti Ertiga. Ya, buatan Indonesia. Jadi bukan impor dari India. Makanya ada sejumlah spesifikasi yang berbeda antara XL6 dengan XL7. Semenarik apa LSUV baru Suzuki XL7? Nantikan update dari kami besok. (Whr/Tom)


Baca Juga: Gantikan SGO, Ecstar Resmi Jadi Oli Mobil Suzuki Indonesia

Jelajahi Suzuki XL7

Suzuki XL7 Rp 230 - Rp 267 Juta Cicilan : Rp 5,25 Juta