Ribuan Pemudik Manfaatkan Bengkel Siaga Daihatsu di Musim Mudik Lebaran

Ribuan Pemudik Manfaatkan Bengkel Siaga Daihatsu di Musim Mudik Lebaran

Libur Lebaran dan waktu mudik telah dilewati. Masyrakat menikmati kesempatan untuk dapat kembali ke kampung halaman masing-masing, baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Tercatat lebih dari 85 juta pemudik pada tahun ini dengan kenaikan hingga 256 persen jika dibandingkan pada masa mudik 2019 sebelum terjadinya pandemi di angka 33 juta pemudik.

KEY TAKEAWAYS

  • Pemudik yang mengunjungi bengkel siaga Daihatsu 2022

    Diklaim sebanyak 12 ribu pemudik menyempatkan berkunjung ke bengkel siaga mudik
  • Daihatsu sebagai salah satu merek yang memberikan ketenangan bepergian selama mudik lalu dengan mendirikan fasilitas Bengkel Siaga. Terdapat 65 bengkel yang beroperasi selama libur lebaran di seluruh Indonesia. Hasilnya, sebanyak 12 ribu pemudik menyempatkan diri berkunjung ke bengkel siaga. Catatan ini naik sebanyak 166 persen dibanding mudik 2019 lalu dengan 7 ribu kunjungan.

    Catatan ini senada dengan data pemudik yang bergerak dari kota-kota di pulau Jawa, Sumatera, dan lainnya. Secara persentasi 52 persen pemudik melakukan servis ringan kendaraannya, 47 persennya servis berkala dan 0,4 persen servis bodi repair.

    Pada pos Siaga Daihatsu yang hadir di enam area, tercatat 215 unit secara keseluruhan yang memanfaatkan fasilitas pada pos. Pada pos siaga Lampung tercatat sebanyak 20 unit entry, Jombang 15 unit entry, dan Paiton 29 unit entry. Terbanyak ada di pos siaga Cikampek dengan 46 unit entry, Salatiga dengan 51 unit entry dan Cipali dengan 54 unit entry.

    Pada pos Siaga Daihatsu, terdapat fasilitas seperti perawatan kendaraan, area beristirahat, cek kesehatan gratis, dan promo pembelian oli. Secara persentasi tercatat sebanyak 63 persen pemudik melakukan service ringan seperti rem, aki dan ganti oli. Sebanyak 32 persen general repair seperti AC, transmisi dan steering dan 4 persennya service berkala.

    Baca juga: Dongkrak Penjualan Awal Tahun, Dyandra Promosindo Gelar IIMS 2023 di Februari

    cek mobil

    Perawatan Selepas Mudik

    Kondisi perjalanan mudik yang menghadapi beragam kondisi membuat kendaraan membutuhkan perhatian setelah digunakan. Jarak perjalanan yang cukup jauh dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri terutama jika selama perjalanan mengalami kondisi lalu lintas beraneka rupa.

    Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Techincal Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam konferensi pers, Kamis (19/5/2022), mengungkapkan lima hal yang bisa dilakukan pemilik kendaraan Daihatsu agar kondisi mobil tetap prima.

    Pertama adalah menjaga kebersihan baik eksterior maupun interior kendaraan. Setelah dipakai mudik segera cuci kendaraan dengan shampoo mobil, hilangkan baret dengan kompon. Tidak lupa bersihkan sisa makanan atau minuman di bagian dalam mobil. vacuum seluruh interior, lap panel-panel dan tidak lupa berikan pengharum ruangan.

    Kedua lakukan pengecekan pada komponen mesin, transmisi, gardan dan rem. Cara mudahnya pastikan tidak ada tetesan atau kebocoran oli. Cek apakah ada perubahan warna pada cairan dan perhatikan level cairan di antara petunjuk minimum dan maximum.

    Ketiga lakukan pengecekan pada kondisi aki. Pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah. Perhatikan apakah casing tidak retak atau menggelembung. Perhatikan juga apakah ada korosi di kutub negatif aki karena ini dapat mengganggu performa kelistrikan ke depannya.

    Keempat, perhatikan bagian kelistrikan. Beberapa diantaranya adalah kondisi bohlam, indikator pada odometer, apakah ada yang mati atau redup. Perhatikan juga kondisi kabel, apakah ada yang terkelupas. Terakhir pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen kelistrikan.

    Terakhir, periksa kondisi kaki-kaki dan ban. Pastikan karet ban tidak sobek atau tidak ada baut yang kendur. Tekanan udara pastikan sesuai dengan rekomendasi pabrikan, tidak ada baret atau benjolan dan bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip.

    Jika ingin pemeriksaan yang lebih terukur dan profesional, pemilik Daihatsu dapat mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. Daihatsu memberikan program khusus “Traktiran AstraPay” untuk mendapatkan interior pro cleaner gratis dengan nilai Rp90.000. Ada juga paket “Kinclongin” dimana pelanggan dapat gratis poles all body untuk minimum pengeceatan 3 panel, serta diskon 25 persen untuk pengerjaan AC. Program ini berlaku di seluruh jaringan bengkel Astra Daihatsu.

    “Pemilik kendaraan dapat menjaga kendaraannya agar kondisi tetap prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. Percayakan mobil Daihatsu kesayangannya di bengkel resmi Daihatsu terdekat agar dilakukan perawatan secara maksimal oleh para mekanik handal Daihatsu,” ucap Bambang. (Sta/Tom)

    Baca juga: Harga Rp100 Jutaan, Daihatsu Ayla Bekas Tahun Muda Layak Dilirik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature