Ratusan Komunitas Otomotif Berhimpun Rayakan HUT RI Ke-75

Ratusan Komunitas Otomotif Berhimpun Rayakan HUT RI Ke-75

Perayaan hari Kemerdekaan Indonesia tiap 17 Agustus selalu beragam bentuknya. Seperti yang dilakukan komunitas otomotif di Jakarta. Ikut merayakan HUT Republik Indonesia ke-75, dengan kumpul di pelataran Gedung MPR RI. Ratusan komunitas tumpah ruah dalam acara yang bertajuk Pride and Nationalism. Acara diprakarsai oleh Komisaris Jenderal (Purn.) Nanan Soekarna, yang juga penggemar otomotif.

Komunitas dari berbagai merek dan jenis mobil datang untuk melakukan deklarasi kebangsaan. Acara ini sekaligus menjadi sosialisasi 4 pilar negara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI kepada seluruh komunitas. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyambut baik gelaran ini, dengan ikut hadir langsung.

Meski berkumpul dalam jumlah besar dan di tengah kondisi pandemi, acara berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta yang datang diwajibkan memakai masker dan membawa hand sanitizer. Tak lupa aturan untuk selalu menjaga jarak. Selain penerapan pemeriksaan suhu tubuh, jumlah kendaraan yang datang juga dibatasi, dan tidak membolehkan anak-anak dan lansia datang.

komunitas otomotif HUT RI ke-75

Rangkaian acara diawali dengan berhimpun di Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk melakukan prosesi tabur bunga dan doa bersama. Acara dilanjutkan dengan konvoi menuju Gedung MPR RI. Agar tak menyulitkan pengguna jalan lain, iring-iringan mobil dibagi menjadi empat kelompok terpisah.

"Untuk menjadi bagian dari komunitas otomotif, kita tidak harus berasal dari suku yang sama, menganut agama yang sama atau berafiliasi pada kelompok atau golongan yang sama. Satu-satunya kesamaan yang menyatukan anggota komunitas adalah semangat kebersamaan, jiwa solidaritas, dan penghormatan pada nilai-nilai persaudaraan atau brotherhood," tutur dalam sambutannya Bambang Soesatyo.

Baca juga: Ragam Promo Menarik Pembelian Mobil Baru di OTO Lucky Drive 2020

Setelah konovi finis di pelataran Gedung MPR RI. Rombongan pun masuk ke dalam gedung. Ahmad Basarah sebagai Wakil Ketua MPR RI kemudian memaparkan materi 4 pilar tadi. Acara bergulir dengan deklarasi yang dipimpin oleh Suro Adhiwibowo, Ketua Panitia Acara dari komunitas Bimmerbenz Indonesia.

deklarasi komunitas otomotif

Kemeriahan acara ini turut dihadiri oleh sejumlah influencer otomotif dari media sosial. Begitu juga para pembalap dan atlet motorsport seperti Sunny TS, Akbar Rais, Ziko Harnadi dan Dean Zen. Beberapa perwakilan agen pemegang merek di Indonesia juga terlihat ikut hadir meramaikan. Tak ketinggalan, sejumlah pejabat dan tokoh negara juga hadir dalam acara. Di antaranya adalah Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dan Hidayat Nur Wahid. Begitu juga KRMT Roy Suryo dan Komjen Pol (Purn.) Dwi Prayitno, serta Ruby Alamsyah.

"Semoga dengan acara ini bisa menjadi awal yang baik bagi klub ataupun komunitas otomotif yang berada diseluruh Indonesia untuk bisa terus bersatu, bekerja sama dan saling bermanfaat bagi sesama," Suro Adhiwibowo memungkasi. (Why/Tom)

Baca juga: GIIAS 2020 Batal Dilangsungkan, Ganti Acara Otomotif Lain di JCC Senayan

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store