jakarta-selatan
kali dibagikan

Porsche Panamera Model 2017 Diuji Coba di Sttutgart

  • 29 Mei, 2015
  • 837 Kali Dilihat

JAKARTA: Porsche tertangkap basah sedang melakukan uji coba terhadap model sedan satu-satunya yang teranyar, Porsche Panamera, di Sttutgart, Jerman. Model terbaru Porsche ini mengusung platform MSB Volkswagen yang terbaru dan akan diluncurkan ke pasar pada paruh kedua tahun 2016. Foto-foto yang didapat menunjukkan bahwa model terbaru Panamera ini mempunyai desain yang serupa dengan versi pendahulunya. Akan tetapi, sepertinya para teknisi Porsche masih enggan membeberkan beberapa detail-detail yang dapat membedakan model terbaru ini dengan edisi sebelumnya. Apabila dilihat secara seksama, desain Porsche Panamera ini mempunyai lekuk tubuh yang lebih halus, semakin berotot dan lebih terlihat seperti layaknya mobil sedan.


Dengan platform MSB-nya yang terbaru, model Panamera andalan Porsche ini diyakini lebih ringan dari generasi sebelumnya. Para teknisi Porsche mencatat bahwa, didukung dengan platform tersebut, bobotnya menjadi semakin enteng, yakni hanya 90 kg. Beberapa laporan mencatat bahwa Porsche Panamera juga akan diluncurkan dalam tiga varian yang berbeda, yaitucoupe lima pintu, versi stretched, dan versi SportTurismo lima pintu yang lebih sporty, seperti yang telah dipamerkan sebelumnya dalam bentuk mobil konsep pada ajang Paris Motor Show tahun 2012.


2017-porsche-panamera-spy-shots--image-via-s-baldauf-sb-medien_100507569_h


Berbicara lebih rinci mengenai platform yang diusung mobil ini, kita tidak perlu khawatir karena platform MSB yang dikembangkan oleh Volkswagen akan dipakai oleh beberapa model papan atas dari Volkswagen Group. Platform terbaru ini diberi nama Modular Standard Platform, atau yang dalam bahasa Jerman bernama “Modularer Standardantrieb-Baukasten”, didesain untuk mobil-mobil besar bermesin depan yang mengusung konfigurasi antara roda penggerak belakang, atau all-wheel drive. Model Bentley Continental dan Flying Spur yang terbaru juga akan mengusung platform MSB ini.


Porsche juga telah melakukan penyegaran pada interior Panamera yang terbaru ini. Para teknisi Porsche mengurangi jumlah tombol yang biasa dijumpai pada konsol tengah mobil ini. Hal ini membuat interior mobil ini terlihat lebih rapi dan tidak terlalu berantakan. Porsche juga meminjam beberapa detil-detil dari model 911 yang disamatkan ke dalam kabin Panamera ini. Para calon pembeli juga semakin dimanjakan dengan berbagai fitur canggih yang akan ditanamkan ke dalam mobil ini. Fitur-fitur itu dilaporkan seperti sistem infotainment yang baru, dan sebuah sistem kendali semi-otomatis. Selain itu, setir pada model Panamera ini mengusung desain setir standard Porsche, akan tetapi dengan bentuk yang lebih kecil. Adapun stir kemudi tersebut didukung dengan fitur climate control di konsol mobil serta juga ditemukan sebuah sandara tangan atau armrest bagi sang pengemudi, yang tentunya semakin meningkatkan kenyamanan. Diluar itu semua, terdapat dua cupholder yang besar, ketimbang hanya satu yang dapat ditemukan pada model Panamera yang beredar sekarang.


Berat yang dapat diturunkan oleh para teknisi Porsche ini dihasilkan dengan perpaduan bahan-bahan seperti high-strength steel, aluminum, bahkan beberapa bahan-bahan komposit. Performa yang akan dihasilkan oleh Porsche Panamera terbaru ini mungkin tidak akan banyak berubah, akan tetapi ia akan mengusung beberapa mesin-mesin baru. Pada Model Panamera S 2014 yang sekarang, kita telah menemukan mesin twin-turbo V6, sedangkan kita akan mungkin menemukan pada Panamera terbaru ini sebuah mesin V8 baru. Ada sebuah kemungkinan juga bagi Porsche untuk mengeluarkan versi hybrid kembali, dengan teknologi baterai yang lebih baik agar dapat mengurangi berat mobil dan meningkatkan performa.


Image Courtesy: www.motorauthority.com

  • Diterbitkan Oleh
    OTO

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Porsche Panamera

Lihat video terbaru Porsche Panamera untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Porsche Pilihan

  • Populer
  • Komparasi