Polda Metro Jaya Siapkan 12 Titik Pemeriksaan Arus Balik di Jadetabek

Polda Metro Jaya Siapkan 12 Titik Pemeriksaan Arus Balik di Jadetabek

Meski sudah dilakukan pelarangan mudik di Idul Fitri 1442 H, tetap saja aa masyarakat yang bandel. Untuk mengantisipasi arus balik lebaran 2021. Polda Metro Jaya menyiapkan 12 pos pemeriksaan. Di posko ini, petugas memeriksa dokumen dan syarat perjalanan para pemudik. Salah satunya ialah surat keterangan bebas Covid-19 berupa hasil ter swab antigen.

Sejak awal pemerintah memberlakukan pelarangan mudik guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang tinggi saat libur panjang. Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan. Dari jumlah sampel acak sebanyak 13.675 orang yang menjalani tes antigen pada sejumlah Pos Penyekatan di Indonesia. Terdapat 72 orang reaktif Corona.

Jika pemudik tidak membawa surat keterangan itu, maka wajib tes di tempat. “Ada 12 titik pemeriksaan dokumen terkait bebas Covid-19 yang disiapkan. Jika memang tidak membawa suratnya. Maka bakal kami lakukan tes swab antigen,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, dinukil dari NTMC Polri (17/5).

Ia menjelaskan, 12 titik didirikan di sepanjang terminal, jalan tol, serta jalan arteri. Selanjutnya, untuk pemeriksaan dokumen di jalan tol, tersedia di Km 34B Tol Cikampek menuju Jakarta.Khusus untuk di terminal, titik pemeriksaan terdapat di dua tempat yakni terminal Pulogebang dan Kalideres. Sementara untuk di jalan arteri, tersebar melalui 9 titik yang ada di Depok sampai dengan Kabupaten Bekasi.

Bagi warga yang tidak membawa kelengkapan surat bebas Covid-19, nanti dilaksanakan swab antigen di titik pemeriksaan. Jika hasilnya reaktif, maka bakal langsung dialihkan ke RSD penanganan Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta untuk menjalani isolasi mandiri sampai dengan hasil swab antigen kembali negatif. “Kalau memang ada yang reaktif, maka dari pihak Pemda, Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI akan membawanya ke Wisma Atlet. Lalu menjalani isolasi dan menunggu hasil PCR,” sambung Kompol Sambodo.

Baca juga: Mobil Istirahat di Rumah Karena Tak Mudik, Lakukan 8 Hal Ini Agar Tetap Aman

mudik lebaran

Berikut ini, merupakan detail 12 lokasi pemeriksaan saat arus balik ke Jadetabek:

Terminal

– Terminal Pulogebang.

– Terminal Kalideres.

Jalan Tol

– Tol Jakarta – Cikampek KM34B menuju Jakarta.

Jalan Arteri

– Tomyang dan Sasakjarang (Bekasi Kota).

– Kedungwaringin (Kabupaten Bekasi).

– Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor (Depok).

– Jatiuwung, Kebon Nanas, serta Batu Ceper (Tangerang Kota).

– Jalan Gatot Subroto – Bitung (Tangerang Selatan).

Nah, puncak arus balik kendaraan yang masuk Jabodetabek usai libur Idul Fitri 1442 Hijriah belum terjadi pada akhir pekan kemarin. Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan volume kendaraan melintasi arah Jabodetabek mencapai 21.000 unit pada akhir pekan. Biasanya jumlah kendaraan arus balik lebih dari 60.000 unit.

Kakorlantas memantau kesiapsiagaan petugas di Pos Penyekat KM34 Tol Cikampek-Jakarta. Ia turut didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Berdasarkan statistik, Irjen Pol Istiono mengatakan volume kendaraan dari Jawa Tengah yang masuk Jabodetabek pada musim arus balik lebaran menurun 52 persen. Dari Jabar menurun 56 persen dan dari Sumatra menuju Jabodetabek menurun 73 persen. Dari hasil data itu, Kakorlantas memprediksi puncak arus balik Idul Fitri 1442 Hijriah berpotensi terjadi pada akhir pekan depan.

Lebih lanjut, ia mengatakan penurunan volume kendaraan yang memasuki wilayah DKI Jakarta dipengaruhi Aparat Sipil Negara (ASN),TNI, Polri dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang patuh untuk tidak mudik. Sementara itu, Kakorlantas turut menyebut, kendaraan yang diputarbalikkan agar tidak terjadi kerumunan massa pada sejumlah konsentrasi wisata sebanyak 42.307 unit.“Saya harapkan masyarakat benar-benar paham kondisi itu. Karena petugas di lapangan sudah bekerja keras, sudah maksimal untuk menekan penyebaran Covid-19,” tandasnya. (Alx/Raju)

Sumber: ntmcpolri, Foto: TMCPoldMetroJaya

Baca juga: Awas, Ini Deretan Sanksi bagi Mereka yang Nekat Mudik Lebaran

Coronavirus

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil