Pelajari, Ini Syarat Perjalanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pelajari, Ini Syarat Perjalanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pemerintah kembali melakukan upaya pembatasan mobilitas dalam menghadapi masa libur Natal dan Tahun Baru di akhir tahun. Seperti upaya pembatasan sebelumnya, ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan pihaknya berencana untuk mewajibkan Surat Keluar Masuk (SKM) bagi para pengendara yang akan ke luar kota. Surat ini nantinya akan diperiksa oleh petugas di posko cek poin yang berada di sejumlah lokasi.

Tindak lanjut jika mendapatkan pengendara yang tidak membawa SKM adalah meminta pengendara untuk swab antigen, tanpa mengeluarkan biaya. Bila hasilnya reaktif maka akan ditindak lanjuti dengan tes PCR.

perjalanan

"Nanti SKM dikeluarkan oleh Ketua RT yakni surat keterangan bepergian. Kemudian Polri juga di seluruh pintu tol dan jalur akses tertentu perbatasan antar wilaya ada pos sebagai cek poin. Di situ nanti akan di cek apakah masyarakat bepergian memiliki SKM. Sehingga masyarakat menaati prokes dan Polri akan mencoba melakukan itu di setiap posko pengamanan," ucap Dedi dalam keterangan resminya.

Bila hasil pemeriksaan antigen negatif maka akan dipersilakan melanjutkan perjalanan. Ada stiker yang menandai kendaraan yang pengemudinya sehat dan memenuhi syarat bepergian.

Kententuan ini akan diterapkan polisi dalam rangka Operasi Lilin Nataru. Operasi ini akan dimulai pada 20 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Operasi Lilin merupakan tindak lanjut dari Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

"Semua dalam rangka untuk mengantisipasi lonjakan Covid-19 khususnya varian baru. Dalam Operasi Lilin tersebut Kapolri akan menekankan dan akan memaksimalkan dan mengoptimalkan posko PPKM," ucap Dedi.

syarat perjalanan

Langkah lain yang akan dilakukan bersamaan dengan diterapkannya PPKM Level 3 di seluruh Indonesia adalah bukti vaksin Covid-19. Bagi masyarakat yang tidak memiliki bukti vaksin tidak akan dilayani saat membeli tiket transportasi umum. Syarat untuk transportasi udara dan laut wajib melihatkan hasil tes antigen atau PCR negatif.

Rencananya akan ada 217.000 personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub hingga Satgas Covid-19 yang diterjunkan untuk mengawal pengamanan selama libur Natal dan Tahun baru.

Selama masa libur Natal dan Tahun baru, bersamaan dengan berlangsungnya PPKM Level 3, polisi tetap akan memberlakukan peraturan ganjil genap di jalan menuju tempat wisata. Pihak kepolisian akan memutar balik para pengendara yang melanggar aturan ganjil genap di tempat wisata.

Aturan ini sebelumnya sudah tertuang di Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021. Selama masa sosialisasi ini nantinya tidak akan ada penilangan di lapangan. Pihak kepolisian akan mengarahkan kendaraan berputar balik dan memberikan edukasi informasi pada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. (Sta/Raju)

Grafis: covid19.go.id; Foto: TMCPoldaMetroJaya, kominfo.go.id

Baca juga: Hasil GIIAS 2021 Mengejutkan, Kemenperin Soroti Produsen Mobil Mewah Soal Manufaktur di Indonesia

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil