jakarta-selatan

Nissan Pastikan Xtrail Terbaru Meluncur di GIIAS 2019

  • 25 Jun, 2019
  • 1187 Kali Dilihat

Kabar Nissan Xtrail baru santer terdengar. Sejumlah foto amatir pernah beredar, Xtrail berbalut stiker kamuflase sedang diuji jalan. Indikasi diperkuat setelah Nissan di Thailand meluncurkan Xtrail dengan penyegaran di awal Februari. Dan monil yang sama siap diluncurkan di GIIAS 2019.


Nissna X-Trail Front Top


Konfirmasi peluncuran Xtrail baru disampaikan President Director NMI, Isao Sekiguchi. Dalam perbincangan dengan media, Sekiguchi mengungkap, "Untuk Xtrail, mobil ini dipamerkan di GIIAS," tuturnya, saat dijumpai di sela media test drive Livina di Semarang (24/6). Meski begitu, ia tak ingin membeberkan lebih jauh detail Xtrail facelift. Termasuk bagian yang disegarkan dan spesifikasi anyar lainnya.


Saat mendebut di GIIAS, berarti ada perbedaan sekitar lima bulan sejak Xtrail facelift meluncur di Thailand. Itu normal, lantaran butuh waktu dan penyesuaian untuk memboyong produk sejenis dari negeri Gajah Putih. "Normalnya memang kami membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan riset dan pengembangan di Jepang. Secara paralel, kami juga menguji di pasar-pasar kunci, termasuk Indonesia. Itu untuk membuat beberapa penyesuaian," tutur Sekiguchi.


Yang jadi pekerjaan rumah NMI, memperpendek waktu untuk produk luar diluncurkan di sini. "Tantangan kami sebagai produsen mobil adalah bagaimana mereduksi celah antara peluncuran di negara asal dengan di Indonesia. Konsumen saat ini sudah mampu mencari informasi dari banyak sumber, situs dan mengantisipasi apa yang datang ke negara mereka. Itu poin perbaikan diri yang harus kami buat," papar Sekiguchi. Dengan itu, jelas ubahan Xtrail bisa mengacu dari versi Thailand.


Perubahan sektor tampilan luar memang tak banyak, tapi signifikan. Bagian wajah Xtrail mendapat operasi dengan lampu baru dan lampu siang hari LED berbentuk tajam bak ujung mata panah menunjuk ke tengah grille. Bagian grille V-Motion juga disegarkan dengan desain baru. Bumper dan lampu kabut menyesuaikan, dengan revisi desain yang kian modern.


Tampilan samping, pelek 19 inci dengan desain palang dwiwarna baru. Desainnya mirip seperti yang dipakai pikap kabin ganda Nissan Navara. Aksen kromium diberikan pada side body molding, meningkatkan kadar estetika. Sementara tampilan belakang turut disegarkan. Desain lampu baru kombinasi dengan lampu LED berbentuk seperti bumerang. Tak ketinggalan, revisi bentuk pada bumper belakang. Pilihan warna baru tersedia: Monarch Orange, Radiant Red, Black Star, Storm White, Brilliant Silver dan Deep Iris Grey.


Jantung mekanis, dikatakan masih sama. Di Thailand, versi mesin 2,0 liter ditiadakan. Tersisa mesin bensin 2,5 liter dan hybrid. Sedang untuk fitur, Nissan membekali Xtrail facelift dengan cruise control pintar, rear cross traffic alert, blind spot monitoring, lane departure warning, high-beam assist, empat kamera di sekeliling mobil (tangkapan kamera 360 derajat) dan infotainment anyar layar sentuh 7 inci. Masih ada lagi, pintu bagasi otomatis dengan sensor kaki, sistem audio A-IVI, forward collision warning, intelligent emergency brake dan pendeteksi objek bergerak. Itu semua bagian dari Nissan Intelligent Mobility.


Nissan Xtrail yang saat ini masih dipasarkan, merupakan generasi ketiga. Dikenalkan secara global pada 2013 di Frankfurt Motor Show. Sedang di Indonesia, Xtrail berkode T32 itu diluncurkan September 2014. Artinya, sudah sewajarnya ada penyegaran. Malah sudah cocok kalau memang diganti dengan generasi terbaru. (Tom/Van)


Baca Juga: Cara Toyota Rangsang Kecintaan Otomotif Anak

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Nissan X Trail

Lihat video terbaru Nissan X Trail untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Nissan Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi