Nissan Leaf Segera Menyapa Tanah Air, Dipastikan Bukan Sebatas Berkenalan

Nissan Leaf Segera Menyapa Tanah Air, Dipastikan Bukan Sebatas Berkenalan

Satu kontestan bakal segera meramaikan lanskap kendaraan bertenaga setrum Tanah Air. Adalah Nissan yang baru-baru ini memberikan bocoran lewat unggahan di akun Instagram resmi @nissanid. Mereka pamerkan siluet bokong mobil dengan penegasan emblem “Zero Emission”. Diyakini sebagai Leaf. Menariknya, bisa dipastikan ia bukan sebatas berkenalan.

Langkah Nissan dalam merealisasikan produk ramah lingkungan patut diacungi jempol. Seperti sudah diketahui, model hibrida Kicks e-Power telah resmi mengaspal. Lalu, berdasarkan janji akhir tahun lalu, lini produk eco-friendly bakal diramaikan oleh Leaf. Momen realisasi pun seakan sudah di depan mata, “Coming Soon” mereka tulis dalam foto siluet yang dapat diartikan datang dalam waktu dekat.

Cukup jelas kalau terduga misterius di balik bayangan itu merupakan Nissan Leaf generasi kedua. Bentuk lampu mudah diidentifikasi. Belum lagi dipastikan lewat emblem Nissan dan Zero Emission yang seakan mengambang di kegelapan lantaran melekat di panel hitam memanjang. Sorotan garis putih sendiri tampaknya bukan lampu melainkan penegasan celah pahatan pada kap bagasi.

Nissan Leaf

Untuk saat ini belum diketahui sejauh mana potensinya. Tapi minimal bisa diekspektasikan Leaf tidak sekadar datang untuk memperkenalkan diri. Seperti diungkapkan Head of Marketing Communication PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), Julian Olmon saat kami konfirmasi (26/7). “Kita akan jual / pasarkan di Indonesia,” jawabnya singkat. Terkait tanggal main, ia belum mau membeberkan kapan pastinya.

Julian sendiri memastikan harga Leaf akan kompetitif. Well, diprediksi setidaknya bakal menjadi salah satu opsi EV terjangkau bersama Hyundai Kona atau Ioniq dengan banderol tak sampai miliaran Rupiah. Kendati begitu, tampaknya keturunan termutakhir pionir EV produk massal ini akan tembus Rp 700 juta kalau berdasarkan lampiran Permendagri No 1 tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Pada lampiran tertera NJKB Leaf senilai Rp 534 juta. Nominal segini lebih besar dari duo Hyundai yang dicatat sebesar Rp 413 juta untuk Ioniq EV dan Rp 476 juta pada Kona EV. Mengacu harga jual saat ini, opsi EV termahal Hyundai saja, Kona, dilego Rp 697 juta (OTR DKI Jakarta). Maka dari itu, jangan heran bila Leaf tembus Rp 700 juta.

Baca juga: Siap Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia, Hyundai Minta 4 Hal Ini Kepada Pemerintah

Nissan Leaf

Namun memang kompetitif tak melulu harus lebih murah. Harga lebih tinggi bisa saja diimbangi kelengkapan lebih hebat sebagai diferensiasi produk. Meski belum bisa dipastikan, minimal diketahui gudang persenjataan Leaf secara global terdengar menjanjikan. Contoh, ia bisa saja memanfaatkan seperangkat asisten berkendara aktif seperti cruise control adaptif, sistem pre-collision komplet fungsi pengereman otomatis, bantuan posisi dalam jalur, alat deteksi blind spot, dan sebagainya. Belum lagi menawarkan keringanan sentralisasi kendali akselerasi dan deselerasi, e-pedal.

Juga selain itu, dari sisi performa, Leaf tergolong mumpuni menyoal ekstraksi tenaga sampai daya tempuh. Aransemen motor listrik 110 kW dan baterai 40 kWh sanggup gelontorkan tenaga 150 PS dengan torsi 320 Nm. Sementara itu, opsi jantung 160 kW plus baterai 62 kWh bisa menorehkan output sampai 217 PS/339 Nm.

Urusan efisiensi, baterai 40 kWh bisa membawanya berjalan sampai sejauh 270 km (berdasarkan perhitungan WLTP). Unit 62 kWh jelas lebih mumpuni dengan capaian 385 km. Dengan fasilitas quick charging, pengisian ulang (dari 20% ke 80%) dapat diselesaikan secepat 60 atau 90 menit tergantung besar baterai.

Akan sekompetitif apa ia nanti di market Indonesia? Kita nantikan saja kedatangannya.

(Krm/Raju)

Baca juga: MG ZS Berdaya Listrik Dipastikan Dijual di Indonesia, Lebih Murah dari Hyundai Kona EV?

Jelajahi Nissan Leaf

Model Mobil Nissan

  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Leaf
    Nissan Leaf
  • Nissan X Trail
    Nissan X Trail
  • Nissan Kicks e-Power
    Nissan Kicks e-Power
Mobil Nissan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Nissan Leaf Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Nissan Leaf

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang