• Wishlist

Mercedes-Benz GLA-Class Terbaru Meluncur Besok!

Mercedes-Benz GLA-Class Terbaru Meluncur Besok!

Jakarta - Bukan tulang punggung penjualan Mercedes-Benz di Indonesia, melainkan penguat jajaran SUV Mercedes sebagai Compact SUV. Mercedes-Benz GLA-Class membawa paradigma baru dalam khasanah SUV Mercedes. Sejatinya ialah sebuah compact hatchback, karena berbasiskan platform sama dengan A-Class, B-Class dan CLA-Class, yang dicampurkan DNA SUV sehingga memiliki tampilan tinggi dan ornamen ketangguhan a la offroader. Secara garis besar, inilah Mercedes yang cocok disetiri sendiri untuk kondisi jalanan di Indonesia.


Setelah tiga tahun menyapa publik tanah air, versi facelift GLA-Class telah muncul di Detroit Motor Show awal tahun ini. Nah, Mercedes-Benz Indonesia (MBI) berencana meluncurkannya besok (15/6) sekaligus acara buka puasa bersama. Belum diketahui pasti lineup apa saja yang akan diboyong oleh MBI. Jika berdasarkan model yang dipasarkan saat ini, ada varian GLA 200, GLA 200 AMG Line dan Mercedes-AMG GLA 45.


Facelift GLA-Class


Sulit membedakan versi facelift dengan mode sebelumnya karena memang tidak mengalami perubahan drastis. Di bagian eksterior, penyegaran terjadi pada model bemper depan. Rumah lampu kabut kini berubah bentuk menjadi bulat dan tetap ada lekukan garis tegas di sekitarnya untuk memberi kesan tangguh.


Headlamp sebelumnya berupa bi-xenon, beralih menggunakan LED High Performance yang lebih ramah energi. Menurut pihak pabrikan, konsumsi energi lebih rendah 60 persen dibandingkan xenon dan 70 persen dibanding halogen biasa.


Tidak ada perubahan pada profil bodi keseluruhan. Bahasa desain Merecedes terbaru yang penuh garis halus dinamis, mengisi seluruh bagian tanpa menyisakan bidang datar. Tinggal pilihan opsi dan trim apa yang dipilih untuk membuatnya tampil lebih berbeda.


interior new GLA-Class


Bagian belakang juga tampak sedikit lain dari sebelumnya, terutama lampu belakang yang sudah mengadopsi crystal look effect seperti E-Class terbaru. Dan yang pasti, desain pelek 19-inci menjadi bagian yang ikut mengalami perubahan.


Mercedes-Benz GLA 200 akan menjadi varian dasar untuk pasar Indonesia. Angka 200 tidak lagi merujuk pada kapasitas mesin 2.000 cc, melainkan menggunakan mesin 4-silinder 1,6-liter turbocharged bertenaga 156 PS dan torsi 250 Nm.


Posisi mesin melintang menandakan penggerak roda depan (FWD), terdengar janggal bagi sebuah nama Mercedes-Benz. Sebagai penyalur daya, mengandalkan transmisi kopling ganda 7G-DCT. Estimasi harga sepertinya tak banyak berubah seperti model terdahulu, tetap di kisaran Rp 600-700 jutaan.


Baca Juga: Generasi Terbaru G-Class Tetap Pakai Desain Lawas


Foto: Netcarshow.net