Lucid Air, Sedan EV Pesaing Tesla Model S Meluncur September

Lucid Air, Sedan EV Pesaing Tesla Model S Meluncur September

Lucid Motors sebentar lagi bakal meramaikan pasar kendaraan elektrik. Produk perdana Lucid Air akan menjadi penantang serius Tesla Model S mulai September 2020. Sebelumnya Air direncanakan meluncur April lalu lewat ajang New York International Auto Show. Namun, event itu terpaksa dibatalkan akibat pandemi Corona.

Sebelum membahas Air, Lucid Motors sendiri merupakan pabrikan yang sudah cukup lama eksis. Berdiri 11 tahun lalu dengan nama Atieva, kala itu bisnisnya menggarap baterai mobil. Pada 2016, namanya berganti dan terjadi pergeseran fokus ke pembuatan mobil listrik. Pada tahun yang sama, perusahaan itu pun merilis produk pertama.

Lucid Air direncanakan mendebut tahun ini

Air waktu itu masih dalam bentuk konsep. Namun, pamornya cukup tinggi, lantaran pengembangannya dipimpin mantan petinggi Tesla Model S, Peter Rawlinson. Butuh empat tahun bagi Lucid untuk mewujudkan versi massal. Bukan karena kerumitan teknologi, lebih kepada masalah finansial.

Baca Juga: Tembus 646 Km, Tesla Model S Mobil Listrik Berdaya Jelajah Tertinggi

Persiapan produksi pun sudah memasuki tahap final. Pembangunan tahap pertama pabrik yang berada di Casa Grande, Amerika Serikat hampir rampung. Berkapasitas produksi 15 ribu sampai 20 ribu per tahun. Bahkan perusahaan terus menggenjot jumlah pekerja. Selama pandemi, setidaknya 160 pekerja baru telah direkrut. Targetnya 700 karyawan baru bergabung sampai akhir tahun. Membuatnya memiliki total 1.700 tenaga kerja.

Lucid Air berdesain futuristik

Belum banyak informasi terkait spesifikasi. Berdasarkan model konsep, diketahui unit memakai dua motor listrik dengan penggerak all-wheel drive. Peter pun sempat menyebutkan sistem tenaganya menggunakan daya 900 volt, ketimbang 400 volt seperti kebanyakan mobil listrik di pasaran.

Performanya sangat menjanjikan. Dengan kecepatan tertinggi 321 kpj dan akselerasi dari nol ke 96 kpj dalam 2,5 detik. Daya jelajah pun digadang dapat mencapai 643 km, setara Tesla Model S. Baterai lithium-ion yang digunakan merupakan buatan LG Chem, tapi Lucid mengaku mendesain dan membuat bungkusnya sendiri.

Fitur tertanam bakal canggih. Dalam situs resminya, diperlihatkan tampilan interior. Panel instrumen digital masif menyatu dengan head unit. Ditambah layar sentuh besar vertikal di konsol tengah. Kemungkinan ini menjadi perangkat untuk mengatur fungsi kendaraan, seperti pendingin kabin. Bahkan teknologi otonom akan ditanamkan. Menariknya, tersedia dua pilihan konfigurasi jok belakang, standar dan eksklusif.

Soal harga masih misteri. Kabarnya versi tiga motor elektrik bakal disajikan. Bisa jadi tahun depan, setelah pendistribusian pertama. Penggunaan unit sebanyak itu kabarnya mampu menghasilkan tenaga hingga 1.824 PS. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Gambar Paten Mobil Sport Listrik MG E-Motion Versi Produksi Bocor