Kia Siapkan SUV Anyar, Digadang Mengisi Segmen di Bawah Seltos

Kia Siapkan SUV Anyar, Digadang Mengisi Segmen di Bawah Seltos

Tak lama lagi Kia akan mengenalkan senjata baru di jajaran SUV. Tepatnya di gelaran India Auto Expo 2020 awal Februari mendatang. Di sana, sebuah SUV subkompak dijuluki QYI bakal disingkap, menyandang status pre-production model. Untuk memancing rasa penasaran, Kia pun merilis sketsa konsep.

Prediksinya memakai basis Hyundai Venue

Bila mengacu pada rendering, wajahnya cukup gagah nan menawan. Disematkan grille tiger nose dengan penekanan ornamen wadah di sisi terbawah. Mengapit grille, lampu intimidatif membawa elemen heartbeat DRL khas Kia. Komposisi agak kurang jelas, apakah lampu dibuat bertumpuk seperti Seltos atau hanya berupa guratan penghias di bawah headlamp. Yang pasti, tercermin aura tangguh melalui garis kap mesin dan bukaan rongga di sisi luar bumper.

Baca Juga: Ini Keunggulan Kia Seltos yang Tak Dimiliki Kompetitornya

Entah akan dibuat empat pilar atau tiga, gambar belum dapat mendefinisikan kenyataan. Terdapat dugaan kalau QYI akan terlahir sebagai model lokal pesaing Hyundai Venue. Tak salah mungkin lantaran mendebut saja di New Delhi. Berdasarkan asumsi itu, sah-sah saja bila beranggapan dirancang bak peninggian hatchback alias tiga pilar. Meski begitu, tidak ada pelunturan kesan gahar.

Otot-otot sepatbor tampil percaya diri di fasad samping. Melar sekaligus memberikan ruang berlimpah sebagai tempat bersemayam roda berdiameter besar. Sayang, ada probabilitas penyesuaian sehingga tidak seglamor imaji konsep. Mengingat Seltos saja tidak seagresif itu. Namun, dapat dianggap sebagai penekanan bahwa QYI tidak akan dibuat ‘culun’. Kita tunggu saja bagaimana hasil eksekusi Kia.

Melongok buritan, juga ditemukan permainan lampu LED Heartbeat memanjang dari ujung ke ujung. Kontur permukaan sedikit berlekuk dan bersih dari cerukan bersudut. Persis di bagian bumper, apron hitam berisi bingkai metalik menyudahi rangkaian cladding di sekujur tubuh.

Posisi di bawah Seltos dengan basis Hyundai Venue

QYI diekspektasikan menggendong jantung serupa Venue. Seleksi mesin mulai dari unit 1.2 liter naturally aspirated dengan keluaran daya 83 PS saja. Transmisi hanya disediakan opsi manual 5 percepatan, ditugaskan mengisi spesifikasi trim bawah. Strata atas akan menikmati kekuatan 120 PS / 172 Nm dari unit 1.0 liter turbo. Calon girboksnya ada pilihan sporty manual 6 percepatan atau DCT 7 percepatan.

Terdapat juga jantung diesel untuk dijajakan di pasar lokal. Agar memenuhi regulasi emisi BS6, Kia tidak akan mengambil milik Hyundai. Kemungkinan mengadopsi unit 1.5 liter Seltos yang dicekik agar tidak keluarkan daya sebesar 115 PS / 220 Nm. Venue pun akan menggendong mesin ini di era BS6.

Soal fitur tak boleh dipandang sebelah mata, minimal disetarakan Hyundai Venue. Berarti akan tersemat teknologi konektivitas UVO, wireless charging, AC otomatis beserta ventilasi belakang, cruise control, dan sunroof. Spek produksi diantisipasi meluncur Agustus dengan harga 700 ribu – 12 ribu rupee, atau setara Rp 134 juta – 230 jutaan. (Krm/Tom)

Sumber: Cardekho

Baca Juga: Sebelum Beli Kia Seltos, Pahami Kelebihan dan Kekurangannya

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store