GIIAS 2019: Toyota Pastikan Tak Ada Peluncuran Low MPV Baru

GIIAS 2019: Toyota Pastikan Tak Ada Peluncuran Low MPV Baru
Gambar
Review Pengguna

Toyota pastikan tak merilis mobil keluarga baru  berjenis Low MPV di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Itu diungkap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy, saat media gathering di Jakarta, hari ini (09/07).

Padahal, pameran otomotif bertaraf internasional itu bisa menjadi momen tepat bagi Toyota, untuk mengenalkan produk baru di segmen yang peminatnya cukup besar. Salah satunya Avanza. MPV (Multi Purpose Vehicle) andalannya itu, sempat diharapkan mendapat ubahan total atau menjadi All New. Namun, Anton langsung menampiknya dengan alasan baru dilansir tahun ini dan pihaknya ingin fokus menjualnya. Masuk akal memang, mengingat jarak waktunya yang terlalu pendek untuk peremajaan model.

“Sebenarnya tahun ini baru launching MPV ya, kami ada Avanza baru pada Januari lalu. Kami masih fokus menjual Avanza tahun ini, makanya kenapa tida ada launching mobil keluarga,” jelas Anton.

Avanza dan Veloz, saat ini masih mampu bersaing dengan model-model baru dari merek lain yang terus berdatangan. Respons masyarakat terhadap ubahan minor yang diberikan pada Avanza, dinilai Toyota sangat positif.

Menurut data Gaikindo, total penjualan kedua unit itu dari periode Januari hingga Mei 2019, mencapai 33.961 unit. Angka ini menjadikannya pemimpin pasar di segmen LMPV. Adapun varian yang paling banyak diminati, New Avanza 1,3 G dengan torehan 14.369 unit. Ini adalah tipe Avanza yang memakai mesin 1,3 liter. Posisi kedua ada New Avanza Veloz 1.5 dengan 5.673 unit. Varian ini diikuti tipe paling bawah, New Avanza 1.3 E yang menempati di posisi ketiga dengan jumlah 4.011 unit. Sedangkan New Avanza 1.5 G berada di peringkat keenam dengan total penjualan 2.158 unit.

Bagaimana dengan Sienta hybrid yang sudah dipasarkan di Jepang? Melihat keinginan Toyota untuk melengkapi lini kendaraan elektrifikasi, Sienta hybrid punya peluang untuk dirilis ke pasaran. Menanggapi hal itu, TAM langsung menampiknya. Ketiadaan Sienta di panggung GIIAS 2019 dikatakan Anton, lebih disebabkan kurangnya ruang. Meskipun booth mereka tahun ini sudah diperbesar.

Walau begitu, Toyota sudah menyiapkan berbagai kejutan untuk pengunjung GIIAS 2019. Setidaknya ada tiga model baru yang dikenalkan, dan salah satunya GR Supra. Mobil sport yang berbagi platform dan teknologi dengan BMW Z4. Tak ketinggalan berbagai aktifitas menarik disediakan Toyota untuk menarik minat pengunjung GIIAS 2019, salah satunya Hybrid Day. Bentuk kegiatan yang berisikan workshop dan test drive kendaraan hibrida.

“Tapi jangan lupa, kami masih ada surprise lain di GIIAS. Jadi ditunggu saja,” tutupnya. (hfd)

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kualitas Udara Dalam Kabin

Jelajahi Toyota Avanza

Toyota Avanza Rp 200,2 - Rp 230,35 Juta Cicilan : Rp 4,57 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store