• Wishlist

Buggati Chiron Seharga Rp 36 Miliar Kena Recall

Buggati Chiron Seharga Rp 36 Miliar Kena Recall

Cacat produksi tak mengenal model maupun harga. Mobil mahal sekalipun, bisa mengalami kesalahan produksi. Kalau sudah begitu, recall menjadi solusinya. Seperti yang baru terjadi pada Bugatti Chiron. Hypercar seharga Rp 36 miliar itu, rupanya terjadi kesalahan produksi, sehingga harus direcall. National Highway Traffic and Safety Administration (NHTAS) mengumumkan recall Bugatti Chiton model 2017 dan 2018 di akhir November lalu.


Kesalahan terjadi pada bagian reclining bangku. Posisinya tidak mengunci, sehingga bisa berubah tiba-tiba. Itu dianggap berbahaya karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. Untuk itu, Bugatti service center melakukan inspeksi pada bracket recliner dan mengganti bagian-bagian bangku jika diperlukan. Tentu saja, itu semua tanpa dikenakan biaya. Seluruh pemilik Chiron sudah diinformasikan dan mobil lantas digendong, dibawa ke diler terdekat Bugatti untuk diinspeksi.



 


Berbicara recall Bugatti, tentu tak sama dengan recall mobil biasa. Selain harganya selangit, Bugatti Chiron juga dijual terbatas di seluruh dunia. Jadi bisa dibilang recall Bugatti Chiron skalanya global. Menurut pewartaan situs Carscoops, 47 unit Chiron mendapat panggilan recall, 12 di antaranya ada di Amerika Serikat.


Bugatti tidak mengumumkan adanya kecelakaan maupun laporan kerugian yang disebabkan kesalahan pada brackey reclining jok Chiron. Setelah diumumkan pada semua pemilik, manufaktur Prancis itu memulai proses recall pada 11 Desember mendatang.


Bugatti hanya berniat memasarkan Chiron sebanyak 500 unit di dunia, dan kira-kira membangun 70 unit mobil dalam satu tahun. Setiap Chiron menggendong mesin besar W16, 8.0 liter yang bertenaga 1.480 hp dan torsi 1.600 Nm. Torsi raksasa itu akan memuncak pada 2.000 rpm, dan terus berada di puncak hingga tenaga sepenuhnya muncul di 6.700 rpm. Transmisi 7-speed kopling ganda digunakan untuk menyalurkan tenaga ke semua roda (AWD), lengkap dengan fungsi torque vectoring yang akan membagi torsi ke setiap roda secara independen, sesuai kebutuhan.


Kecepatan puncak yang tercatat 420 km/jam. Karena belum ada ban dengan teknologi yang bisa menangani laju lebih kencang dari itu, sehingga harus dibatasi. Bugatti berniat menetapkan klaim top speed pada 2018. (Tom/Odi)


Baca Juga: Mobil Listrik Ini Lebih Kencang Dari Tesla Roadster

Jelajahi Mercedes Benz A-Class

Mercedes Benz A-Class Rp 787,5 Juta - Rp 1,38 Milyar Cicilan : Rp 17,97 Juta

Bandingkan & Rekomendasi